Fuad Amin Masih Dirawat

P Aditya Prakasa    •    Rabu, 25 Jul 2018 15:40 WIB
ott kpksuap fasilitas lapas
Fuad Amin Masih Dirawat
Plt Kepala Lapas Kelas I Sukamiskin Bandung Kusnali. Medcom.id/P Aditya Prakasa

Bandung: Terpidana korupsi Fuad Amin sempat dikabarkan menghilang dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin saat operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu. Pihak Lapas Sukamiskin menyebut Fuad masih dirawat di Rumah Sakit Boromeus, Kota Bandung.

Pihak Lapas Sukamiskin masih menunggu rujukan rumah sakit untuk Fuad kembali ke dalam sel. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lapas Kelas I Sukamiskin Kota Bandung Kusnali mengatakan dirawatnya Fuad atas rujukan dokter Rumah Sakit Borromeus.

"Sementara masih perawatan intensif dari pihak rumah sakit," kata Kusnali di Lapas Sukamiskin Bandung, Rabu 25 Juli 2018.

Meski begitu, Kusnai enggan menyebutkan secara rinci ruangan dan kamar mana Fuad dirawat. Dia memastikan, petugas Lapas melakukan pengawalan selama Fuad dirawat di Rumah Sakit.

Baca: Tak Seorang pun Boleh Masuk Ruang Tahanan Fuad Amin dan Wawan


"Kita tetap monitor terus, kita instruksikan kepada jajaran bahwa setiap hari pengawalan tetap dilakukan. Kita juga menerima foto tiap pagi dan malam, jadi saya tahu kondisinya," kata dia.

Sementara itu, Plt Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Dodot Adi Koeswanto menyebut pihaknya menunggu rekomendasi dokter untuk kepulangan Fuad.

"(Pulang) sampai dokter memberi keterangan dia sehat kembali," kata Dodot.

Fuad hilang saat KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Kalapas Sukamiskin Wahid Husen dan penggeledahan di Lapas Sukamiskin. Saat penggeledahan, dua napi yaitu Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan dan Fuad Amin tidak berada di kamarnya, dan KPK menyegel kamar milik kedua napi koruptor itu.


 


(SUR)