'Siasat' Pemkot Tangsel dan Bekasi Sukseskan UNBK SMP 2018

Farhan Dwitama, Antonio    •    Jumat, 20 Apr 2018 17:50 WIB
ujian nasional smp
'Siasat' Pemkot Tangsel dan Bekasi Sukseskan UNBK SMP 2018
Sejumlah siswa mengikuti UNBK di SMP Santo Tarcisius di Dumai, Riau, Rabu, 3 Mei 2017, Ant - Aswaddy Hamid

Tangerang: Sebanyak 4.189 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Tangerang Selatan, Banten, siap mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 23 April 2018. Mereka mengikuti UNBK di 43 MTs di kota tersebut.

Pada 2017, kata Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Tangsel Suhardi, hanya 5 MTs yang menggelar ujian berbasis komputer. Tapi pada 2018, jumlahnya bertambah. Sehingga pelaksanaan UNBK harus diatur.

"Namun beberapa memang diatur waktunya, menjadi 3 shift," kata Suhardi, Jumat 20 April 2018. 

Hanya ada satu MTs negeri yang mengikuti UNBK. Sisanya berstatus swasta. 

Pihak sekolah telah menyediakan perangkat komputer. Siswa pun telah dibekali dengan beragam pelatihan dan motivasi agar percaya diri saat menjawab soal.

“Persiapan dengan uji coba sudah sejak sebulan lalu kami gelar di MTs-MTs. Kami juga memberikan motivasi agama, agar mental peserta didik siap mengikuti ujian.

Persiapan pun dilakukan Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Ali Fauzie mengaku kekurangan komputer. Untuk menyiasatinya, peminjaman komputer pun dilakukan dari sekolah lain maupun orangtua siswa.

"Ada yang pinjam ke sekolah yang berdekatan. Ada sekolah yang pinjam ke orang tua. Mudah-mudahan dalam waktu dua hari ini, pengadaan komputer bisa dikebut jadi tidak perlu pinjam banyak komputer," ungkap Ali di Bekasi.

Ali mengatakan 15.338 siswa di 43 SMP negeri/sederajat mengikuti UNBK. Ada juga 321 siswa dari SMP 6 Terpadu yang menjadi peserta UNBK.


(RRN)