Waspada Skimming, Polda Jabar Tingkatkan Patroli Malam

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 28 Mar 2018 18:04 WIB
Skimming
Waspada <i>Skimming</i>, Polda Jabar Tingkatkan Patroli Malam
Antisipasi kejahatan skimming. (ANT/Didik Suhartono)

Cimahi: Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto mengungkap, hingga kini belum ada laporan terkait kasus skimming di wilayah Jawa Barat. Tapi, pihaknya tetap waspada. 

"Untuk kasus skimming harus menggunakan IT, jadi ada koordinasi dengan pihak Mabes Polri," ujarnya di Mapolres Cimahi, Rabu 28 Maret 2018.

Direktur Kriminal Khusus Polda Jabar, Kombes Samudi, mengatakan telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar berkoordinasi dengan pihak bank untuk memeriksa mesin ATM yang ada di wilayah Jabar.

"Memastikan tidak ada alat skimmer yang terpasang di mesin ATM," katanya.

Samudi menegaskan, pihaknya juga mengimbau ke seluruh jajaran di setiap wilayah untuk mengintensifkan patroli malam di anjungan tunai mandiri (ATM)

"Ini untuk seluruh mesin ATM semua bank baik BCA, Mandiri, BRI dll. Jangan sampai masyarakat dirugikan, karena masalah ini (skimming)," tegasnya.

Samudi berharap, masyarakat tidak perlu resah. Menurutnya, bila mengalami masalah dengan kartu di mesin ATM, diminta segera melapor  ke bank terkait. 

"Ini kan juga menyangkut kredibilitas bank, tentu bila ada uang nasabah hilang tiba - tiba tanpa ada transaksi, bank pasti akan mengganti," pungkasnya.


(LDS)