Sungai Rawalumbu Diduga Tercemar Limbah

Antonio    •    Senin, 02 Apr 2018 14:16 WIB
pencemaran sungai
Sungai Rawalumbu Diduga Tercemar Limbah
Air sungai yang tercemar. (Medcom.id/Antonio)

Bekasi: Aliran Sungai Rawalumbu di Perumahan Bumi Bekasi Baru 4, Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, tercemar limbah. Air sungai kerap berubah warna dan mengeluarkan bau tidak sedap sejak beberapa  bulan terakhir.

Perubahan warna dan bau diduga berasal dari perusahaan yang ada di sekitar kali. Sugeng, 60, warga sekitar mengatakan, air berubah warna di hari tertentu. 

"Yang saya tahu kalau air berubah warna hari Jumat, Sabtu dan Minggu, biasanya malam pak," kata dia di Bekasi, Senin 2 April 2018.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi segera menyidak ke sejumlah perusahaan untuk melihat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

"Kita telusuri, tadi yang diperkirakan hulunya, kita sudah ambil sampel. Mudah-mudahan besok atau lusa sudah kita ketahui hasil lab-nya," kata dia di Bekasi, Senin, 2 April 2018.

Ia menyatakan, kondisi air sungai tersebut saat ini berwarna hitam. Menurutnya, bila bewarna hitam dicurigai limbah sengaja disimpan lebih dulu. 

"Saya curigai pada saat pegawai libur, dia buka. Itu juga hanya sebentar yang di Rawalumbu," jelasnya.

Sejumlah perusahaan yang didatangi pihaknya PT Jeil Indonesia, PT Mikie Oleo Nabati Indonesia dan perusahaan pengecatan. PT Jeil Indonesia dan PT Mikie Oleo Nabati Indonesia sudah pernah disidak Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi saat Sungai Bekasi tercemar.


(LDS)