Longsor di Puncak Pass Diprediksi Terjadi Lagi

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 03 Apr 2018 13:49 WIB
bencana longsor
Longsor di Puncak Pass Diprediksi Terjadi Lagi
Longsor di Puncak Pass, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (MI/BENNY BASTIANDY)

Bandung: Ketua Tim Tanggap Darurat Longsor Cianjur, Imam Santosa mengungkap longsor di Puncak Pass, Desa Ciloto, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bisa terjadi lagi. Sebab intensitas hujan tinggi hingga Mei 2018. 

"Ini tinggal tunggu waktu saja, longsor bisa terjadi lagi di wilayah tersebut," kata Imam, di kantor PVMBG Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa, 3 April 2018.

Imam yang turut meneliti longsor Ciloto mengungkap, berdasarkan pantauanya, wilayah Ciloto memiliki kemiringan lereng yang terjal. Selain itu, kondisi tanah bagian atas mengalami pelapukan. Sedangkan bagian bawah adalah batuan gunung api tua. 

"Yang bagian atasnya tidak tahan air, jadi ketika hujan langsung masuk ke tanah sedangkan, bagian bawahnya kedap air sehingga tertahan disitu, yang akhirnya menyebabkan longsor," tuturnya.

Baca: 3 Bangunan Rusak Parah Akibat Longsor di Puncak

Dia mengaku, telah merekomendasikan Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur untuk membongkar kios-kios di wilayah Ciloto. Tepatnya yang berada di Puncak Pass. 

"Kita rekomendasikan juga untuk memapas tebing dari arah kiri jalan atau tepatnya bagian Utara, selain itu untuk pihak PUPR juga diminta untuk memapas dan melakukan pelebaran jalan," tandasnya.

Longsor sempat melanda wilayah Puncak Pass, tepatnya di Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur pada Rabu malam, 28 Maret 2018. Akibatnya jalur Puncak ditutup untuk kendaraan roda empat dan kendaraan besar. 


(LDS)