Kebakaran di Tasikmalaya, Satu Orang Tewas

Kristiadi    •    Jumat, 15 Sep 2017 12:51 WIB
kebakaran rumah
Kebakaran di Tasikmalaya, Satu Orang Tewas
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Tasikmalaya: Satu orang tewas dalam kebakaran di Kampung Pamegatan, Desa Margahayu, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Yayat, 70, tewas karena kondisinya lumpuh, sehingga tidakbisa menyelamatkan diri saat si jago merah melahap rumahnya.

Koordinator relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Uloh Saepuloh mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 00.10 WIB pada Jumat 15 September 2017. Saat kejadian, korban tengah tidur di kamar depan.

"Saat ini, para relawan BPBD berupaya mencari tubuh korban yang tersisa untuk dimasukan ke dalam kantong mayat dan kemudian dimakamkan secara layak oleh keluarganya," kata Uloh.

Uloh menjelaskan, tetangga tidak sempat menyelamatkan korban. Pada saat api membesar, mereka sibuk menyelamatkan barang sambil berupaya memadamkan dengan alat seadanya.

"Api diduga berasal dari tungku yang membakar bilik rumah," ujarnya.

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum sangat menyesalkan kebakaran yang menyebabkan satu korban tewas tersebut. Kejadian ini diharapkan menjadi pelajaran, jika ada kejadian serupa agar warga menyelamatkan orang terlebih dahulu baru barang.

"Bagi masyarakat yang masih menggunakan tungku, diharapkan agar dimatikan terlebih dulu. Jangan sampai meninggalkan tungku dalam kondisi menyala dan keluarga sakit ditinggalkan di dalam rumah sendirian," paparnya.


(NIN)