Polda Jabar Bongkar Gembong Pembuat STNK Moge Bodong

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 12 Sep 2017 15:20 WIB
pajak kendaraanpemalsuan dokumen
Polda Jabar Bongkar Gembong Pembuat STNK Moge Bodong
Ilustrasi STNK palsu. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Bandung: Polda Jabar membongkar kasus pemalsuan STNK dan penjualan motor besar (motor gede atau moge) tak bersurat serta mencokok tiga tersangka. Dari tangan SJ, ED, UR, polisi menyita 350 STNK palsu dan 26 unit moge tak terdaftar.

"Mereka memiliki peran masing - masing, SJ dia yang menjual moge dan memesan STNK palsu. ED yang menerima pesanan lalu menyerahkannya kepada UR sebagai pembuat," ucap Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryono di Mapolda Jabar ,Bandung, Selasa 12 September 2017.

Secara kasat mata, STNK tersebut hampir mirip seperti aslinya. Salah satu pembedanya adalah logo Tribata yang tidak dimiliki STNK bodong tersebut.

Moge yang dijual juga tidak memiliki surat-surat legal. Kendaraan tersebut tidak terdaftar di bea cukai.

Ketiga tersangka sudah lima tahun melakukan praktek pembuatan STNK bodong. Ongkos pembuatan STNK satu motor gede dibanderol Rp4-5 juta. Tidak hanya moge, mereka juga menerima jasa pemalsuan STNK mobil.

Agung mengimbau masyarakat mengecek STNK kendaraan ke Samsat ketika hendak membeli motor di wikayah Jabar. Warga pun tidak perlu keluar uang untuk memeriksa keaslian surat-surat kendaraan.


(SUR)