Kota Bandung Siap Buka Pintu untuk Pengungsi Rohingya

Roni Kurniawan    •    Senin, 04 Sep 2017 19:24 WIB
rohingya
Kota Bandung Siap Buka Pintu untuk Pengungsi Rohingya
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Ant - Fahrul Jayadiputra

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil angkat suara terkait tindak kekerasan terhadap umat musim Rohingya di Myanmar. Bahkan Ridwan Kamil mengaku Kota Bandung siap untuk menampung para pengungsi Rohingya yang kini mencoba keluar dari Myanmar.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Kota Bandung secara terbuka akan menampung etnis Rohingya. Terlebih Emil mengaku, di Kota Bandung saat ini telah terdapat lebih dari 35 etnis dengan agama berbeda.

"Semua sangat welcome, enggak ada masalah (Rohingya mengungai ke Bandung). Bandung mah namanya juga kota segala umat. Karena orang tinggal disini lebih dari 35 etnis," kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin 4 September 2017.

Namun Emil mengaku, hal itu bisa terwujud jika pemerintah pusat memberikan izin Rohingya untuk mengungsi ke Indonesia termasuk ke Bandung. Kini Emil pun menunggu keputusan dari pemerintah pusat untuk bisa menerima para pengungai Rohingya. 

"Selama ada izin dari pemerintah pusat, karena kan kebijakan luar negeri kan dikendalikan. Saya kira warga Bandung dan saya pribadi kita carikan solusi," urai Emil.

Sebagai langkah nyata, kini Emil pun telah mengintruksikan seluruh kewilayahan menggalang dana untuk memberikan bantuan terhadap etnis Rohingya. "kita udunan lewat camat, lurah dan masjid dalam tujuh hari untuk menggalang dana," ujarnya.


(ALB)