Galian Batu Ilegal Longsor, Bandung-Garut Selatan Lumpuh

Latief Rochyana    •    Senin, 26 Sep 2016 13:07 WIB
longsor
Galian Batu Ilegal Longsor, Bandung-Garut Selatan Lumpuh
Longsor di Kampung Cikawung, Kecamatan Cisewu, Garut, Jabar, Senin (26/9/2016). (Foto-foto: Metrotvnews.com/Latief Rochyana)

Metrotvnews.com, Garut: Sejumlah pengemudi mengeluh lantaran jalan penghubung penghubung Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Garut selatan, Jawa Barat, tertutup material longsor. Peristiwa ini terjadi pada Senin, 26 September sekira pukul 04.30 WIB di lokasi galian batu tak berizin di Kampung Cikawung, Kecamatan Cisewu, Garut.

Kepada Metrotvnews.com, Yana, salah seorang sopir mengaku galian liar itu kerap mengakibatkan longsor dan melumpuhkan jalur transportasi.

"Daerah ini terus mengancam kami sebagai pengguna jalan, makanya kami minta pemerintah segera mengambil tindakan yang betul-betul bisa membuat jera para pelaku penambang liar di sini" kata Yana.


Jalan bisa dilintasi setelah warga menyingkirkan material longsor yang menutup seluruh jalan.

Di tempat yang sama, anggota TNI dari Koramil 1123/Cisewu, Sertu Sugianto, menyebutkan longsoran material batu terjadi selama dua kali. Seluruh badan jalan sempat tertutup.

"Pertama kali longsoran material batu ini terjadi dini hari tadi dan kedua kalinya menjelang subuh dan mengakibatkan jalan tak bisa dilalui" kata Sugianto.

TNI dan warga setempat menyingkirkan material longsor dengan peralatan sekadarnya. "Paling tidak, jalan bisa segera dibuka kembali, walaupun sebagian besar jalan menyempit" ujar Sugianto.


(SAN)