Sambut PON 2016, Dinding Kota Bandung Dihisai Mural

Roni Kurniawan    •    Selasa, 13 Sep 2016 14:45 WIB
pon 2016
Sambut PON 2016, Dinding Kota Bandung Dihisai Mural
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan kegiatan mural yang melibatkan 20 komunitas di Kota Bandung (Foto: MTVN/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Menjelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat, pada 17 September, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, sejumlah komunitas berkreasi mural. Sebanyak 12 titik di Kota Bandung akan dihiasi mural berbagai gambar.

Salah satu dinding yang akan tertutup mural yakni di Jalan Siliwanginyang, Kota Bandung. Dinding sepanjang 476 meter di kawasan hutan kota itu akan dihiasi dengan berbagai tulisan serta gambar dalam tiga hari kedepan.

Sebanyak 20 komunitas mural terlibat menghiasi dinding Kota Bandung, dari Teras Cikapundung, Jalan Siliwangi, hingga Jalan Cisitu dekat simpang Dago. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendukung kegiatan ini. Menurut dia, melukis dinding merupakan wujud salah satu dukungan warga serta Pemkot Bandung untuk menyemarakkan pesta olahraga empat tahunan itu.

"Kita melakukan pengecetan mural di Jalan Siliwangi dalam rangka Bandung memberikan dukungan PON, menyambut PON sehingga dilakukan tiga hari sebelum pembukaan (PON)," kata Ridwan Kamil saat meresmikan kegiatan mural di Jalan Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (13/9/2016).

Emil mengatakan, dengan kreasi mural tersebut berharap bisa memberikan kenyamanan bagi para kontingen yang bertarung di Kota Bandung. Terlebih kawasan tersebut merupakan jalur wisata yang kerap dilalui oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Apalagi ini kan jalurnya wisata. Jadi bisa dinikmati oleh wisatawan yang melintas. Dan juga para atlet yang ingin melihat suasana baru di Kota Bandung," kata dia.

Emil menargetkan 12 titik di Kota Bandung selain di area Hutan Kota Babakan Siliwangi dimural agar lebih indah.

"Tidak hanya di Siliwangi, ada 10 hingga 12 titik. Sehingga ke mana pun melihat ada pesan estetika dan puisi karena tidak lukisan tapi ada kata-kata yang menjadi cara orang Bandung menjaga keseimbangan dalam hidup dan tinggal di Kota Bandung. Dan Alhamdulillah kita didukung oleh Dulux untuk penyediaan catnya," ujar dia.

Tak kurang dari 728 liter cat berbagai warna dibutuhkan untuk memoles dinding sepanjang 476 meter di Kota Kembang itu.  Bahkan perusahaan cat ternama itu telah menyiapkan ribuan liter cat untuk memoles di beberapa titik lainnya yang ditentukan Pemkot Bandung.

"Kita menyiapkan 728 liter cat dengan berbagai warna, karena kita mempunyai lebih dari 2 ribu warna. Kita juga menyiapkan untuk beberapa tirik lainnya sesuai yang dikatakan Pak Wali," kata Jun de Dios, Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) di tempat yang sama.

Jun mengaku, perusahaan yang dinaunginya mempunyai visi yang sama dengan Pemkot Bandung serta komunitas pecinta mural untuk mempercantik ibu kota Provinsi Jawa Barat. Bahkan ia berharap, kreasi warga Bandung semakin meningkat dengan adanya gerakan mural itu.

"Pada dasarnya perusahaan yang dekat dengan warga dan berinspirasi membuat Bandung menjadi kota yang berwarna. Karena setiap warna mempunyai kekuatan masing-masing yang bisa mempengaruhi berbagai kegiatan positif bagi warga," kata dia.


(TTD)