Olah TKP Bus Terguling, Polisi Gunakan Drone

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Minggu, 11 Feb 2018 23:27 WIB
kecelakaan
Olah TKP Bus Terguling, Polisi Gunakan Drone
Polisi olah TKP di lokasi bus terguling. Medcom.id/ Octavianus Dwi Sutrisno

Subang: Polisi menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP), di lokasi bus terguling, Jalan Cagak Subang Jawa Barat (Tanjakan Emen). Kegiatan tersebut dilakukan petugas gabungan yang terdiri dari Korlantas Polri, Ditlantas Polda Jabar dan Polres Subang. 

Proses olah TKP dilakukan sepanjang 200 meter dari lokasi insiden maut tersebut. Kasubdit Laka Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Joko Rudi menuturkan, ada tiga unsur yang dilihat dalam olah TKP yaitu prakecelakaan, ketika kecelakaan dan dampak dari kecelakaan. Nantinya, setelah olah TKP tersebut akan ditunjukkan juga unsur penyebab kecelakaan.

"Human error itu bisa dari aspek psikologis, kesehatan, kelaikan kendaraan, kecerobohan pengemudi, taktik dan teknik mengemudi. Bisa jadi juga persoalan geografis," ungkap Joko, Minggu 11 Februari 2018.

Joko mengatakan, untuk mengetahui alur kejadian dan memperlengkap data pihaknya menggunakan peralatan canggih yaitu faro atau drone.

Selanjutnya, keseluruhan hasil olah TKP tersebut nantinya akan dicocokan dengan keterangan korban yang selamat maupun saksi mata yang melihat insiden maut itu. 

"Usai olah TKP, kita akan sesuaikan dengan keterangan saksi dan korban yang selamat. Selain itu ada upaya untuk analisa pakar (Tim ahli)," papar dia.

Sebelumnya, Bus Pariwisata bermuatan 53 penumpang yang membawa warga dari Ciputat Tangerang Selatan, terguling di Jembatan Emen Subang Jawabarat pada Sabtu Sore 10 Februari 2018, sekitar pukul 17.00 WIB.

Dalam insiden tersebut diketahui puluhan orang tewas lainnya mengalami luka ringan dan berat. Hingga saat ini, seluruh korban telah dievakuasi ke RSUD Ciereng Subang, yang selanjutnya dibawa ke Tangerang.


(SCI)