Warga Cirebon Diminta Waspada Cuaca Tiga Hari ke Depan

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 10 Nov 2017 17:33 WIB
cuaca ekstrem
Warga Cirebon Diminta Waspada Cuaca Tiga Hari ke Depan
Ilustrasi cuaca buruk. Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang

Metrotvnews.com, Cirebon: Warga Cirebon dan sekitarnya diminta untuk mewaspadai peningkatan potensi hujan lebat dan gelombang tinggi pada tanggal 10-12 November 2017. Cuaca buruk akan dibarengi petir dan angin kencang.

Prakirawan cuaca dari BMKG Jatiwangi Majalengka, Ahmad Faizin, mengatakan, prakiraan cuaca tersebut berlaku untuk wilayah III Cirebon. Area ini meliputi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Majalengka, Indramayu dan Kuningan. 

Masyarakat harus mewaspadai dampak yang bisa saja dihasilkan dari kondisi cuaca tersebut. "Karena bisa mengakibatkan banjir, banjir bandang, tanah longsor dan lainnya," kata Faizin saat dihubungi, Jumat 10 November 2017.

Faizin juga meminta masyarakat untuk mewaspadai potensinya terjadi pohon tumbang saat angin kencang. Ia juga meminta kepada pengguna transportasi laut, untuk lebih berwaspada ketika hujan lebat dan angin kencang menerjang.

"Sebenarnya tinggi gelombang cukup normal yaitu 0,2 – 1 meter. Namun angin kencang di laut, bisa menimbulkan gelombang tinggi yang bersifat sementara,” kata Faizin.

Walaupun begitu, Faizin memperkirakan hujan lebat tersebut tidak akan berlangsung lama di sejumlah wilayah. Diperkirakan, hujan lebat itu hanya akan terjadi dengan durasi waktu hingga satu jam saja.


(SUR)