Kapal Tenggelan di Danau Cirata

Keruhnya Air Waduk Sulitkan Petugas Temukan Korban

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 22 Dec 2017 15:30 WIB
kapal tenggelam
Keruhnya Air Waduk Sulitkan Petugas Temukan Korban
Danau Cirata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat -- ANT/Novrian Arbi

Purwakarta: Petugas Basarnas bersama polisi dan warga sekitar kembali melakukan pencarian enam korban kecelakaan perahu di Danau Cirata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Upaya pencarian dilakukan sejak pukul 06.30 WIB.

Kepala Basarnas Bandung S. Riyadi menjelaskan tim pencari dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama mencari dengan cara menyelam ke dasar danau, kelompok kedua mencari menggunakan perahu karet, dan kelompok terakhir melakukan pemantauan dari darat.

"Pembagian kelompok kita lakukan untuk memaksimalkan pencarian," kata Riyadi di lokasi, Jumat, 22 Desember 2017.

(Baca: Lima Belas Korban Kapal Tenggelam di Waduk Cirata Selamat)

Humas dan Protokoler Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor menambahkan, petugas menemui sejumlah kendapa dalam upaya pencarian. "(Danau Cirata) Airnya keruh, sehingga jarang pandang sangat terbatas. Para penyelam telah menyesuaikan titik diameter yang telah ditentukan saat melakukan pencarian di dalam air," tandasnya.

(Baca: Perahu Tenggelam di Waduk Cirata)

Sebagai informasi, sebuah perahu tenggelam di Waduk Cirata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Kamis, 21 Desember 2017. Perahu tersebut mengangkut 21 petani yang baru selesai bekerja di seberang Danau Cirata.

Di tengah perjalanan, kapal tiba-tiba bocor. Sebanyak 15 korban berhasil selamat. Namun, enam lainnya hingga kini masih belum ditemukan.


(NIN)