Pedagang Minta Pasar Sederhana Bandung Dibenahi

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 07 Nov 2017 15:47 WIB
revitalisasi pasar
Pedagang Minta Pasar Sederhana Bandung Dibenahi
Kondisi Pasar Sederhana di Bandung, Jawa Barat -- MTVN/Octavianus Dwi Sutrisno

Metrotvnews.com, Bandung: Pedagang minta Pasar Sederhana di Bandung, Jawa Barat, direvitalisasi. Lantai yang becek membuat pembeli dan penjual merasa tidak nyaman bertransaksi di pasar yang bersebelahan dengan Terminal Angkutan Umum Sederhana itu.

"Bisa dilihat, lantainya becek, genting banyak yang bocor. Saluran air juga banyak yang bocor. Kita di sini nyaman tidak nyaman mau bagaimana lagi? Mau dagang di mana?" kata Kuswanda, 43, pedagang ikan asin di Pasar Sederhana, Selasa 7 November 2017.

Menurut Kuswanda, pedagang sudah beberapa kali bertemu dengan PD Pasar Bermartabat guna membahas revitalisasi pasar. Namun, ada beberapa hal belum ada solusinya.

"Pertama, saat diperbarui nanti, pedagang tidak ada tempat untuk berdagang sementara. Kedua, sampahnya nanti mau dikemanakan kalau pasar direvitalisasi dan kita tetap berdagang," ucapnya.

Kuswanda menuturkan, pasar yang sempat terbakar enam kali itu awalnya terbagi menjadi dua, yaitu pasar atas dan pasar impres. Karena kondisi pasar atas sudah tidak memungkinkan untuk berjualan, pedagang banyak yang memilih berjualan di bagian depan pasar.

"Jadi, banyak yang turun dan memadati bagian pasar depan. Sehingga, kelihatannya memang padat dan kotor," paparnya.

Terkait biaya retribusi, lanjut Kuswanda, pedagang jongko per harinya Rp3 ribu. Sedangkan, pedagang yang modal meja saja bayar Rp5 ribu hingga Rp6 ribu per hari.

Senada, Ade Baso juga mengeluhkan kondisi pasar yang kurang bagus. Namun, pedagang kelontong itu tak punya pilihan lain.

"Soal jual beli dan penghasilan tidak ada masalah, hanya kondisi pasar saja seperti ini," tegasnya.

Staff Humas PD Pasar Bermartabat Suhud mengatakan, pihaknya telah memiliki program untuk perbaikan pasar. "Direksi dan manajemen terus melakukan pembenahan dan menyusun program untuk pasar di Kota Bandung, terutama Pasar Sederhana ini," pungkasnya.


(NIN)