100 Bus Disiapkan untuk Evakuasi Penumpang Pesawat Terdampak Gunung Agung

Farhan Dwitama    •    Selasa, 03 Oct 2017 23:44 WIB
erupsi gunung agung
100 Bus Disiapkan untuk Evakuasi Penumpang Pesawat Terdampak Gunung Agung
Kawasan Rawan Bencana Gunung Agung/ANTARA/Nyoman Budhiana

Metrotvnews.com, Tangerang: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mempersiapkan 100 unit bus untuk mengangkut penumpang pesawat yang terdampak peristiwa Gunung Agung. Bus ini akan dipersiapkan di Bandara Ngurah Rai, Bali.

"Kita siapkan 3 (tujuan) bandara Banyuwangi, Praya dan Surabaya. Jadi itu alternatif yang kita siapkan," kata Menteri Budi, Selasa 3 Oktober 2017 di Stasiun Rangkas Bitung, Banten. 

Selain bus, Menteri Budi mengatakan juga mempersiapkan akomodasi kereta api dari Banyuwangi menuju Surabaya. Dua transportasi ini akan dikondisikan jika Bandara Ngurah Rai tidak bisa dioperasikan.

Baca juga: Gunung Agung Berstatus Awas

Menteri Budi memastikan siap sedia mengerahkan transportasi jika dibutuhkan. Persiapan tetap dilakukan meski hingga kini pihaknya belum mendapat koordinasi lebih lanjut.

"Sampai saat ini belum ada kabar tentang eskalasi itu. Tapi kita berdoa supaya kalaupun ada eskalasi jangan sampai eksplosive," tutup dia.

Baca juga: Ini Penyebab Gunung Agung tak Juga Meletus

Diketahui, sudah 11 hari status awas disematkan kepada Gunung Agung. Pengungsi Gunung Agung pun membludak lantaran simpang siurnya informasi zona rawan dan aman.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut hampir 150 ribu warga telah mengungsi. Pemerintah Bali mencatat, jika memang ditetapkan 28 desa yang masuk zona rawan, pengungsi harusnya hanya sekitar 70 ribu orang.


(CIT)