Pangdam Siliwangi: Sungai Harus Seperti Beranda Rumah Kita

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 24 Mar 2018 11:08 WIB
pencemaran lingkunganpencemaran sungai
Pangdam Siliwangi: Sungai Harus Seperti Beranda Rumah Kita
Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan . Medcom/Octa

Bandung: Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan akan kembali melanjutkan perjuangan dalam menata dan melestarikan Sungai Citarum. Diketahui Program Citarum Harum digelorakan oleh Pangdam sebelumnya yaitu Mayjen TNI Doni Monardo yang bekerja semaksimal mungkin guna mengembalikan fungsi sungai terpanjang di wilayah Jawa Barat ini.

"Apa yang sudah dirintis Pa Doni, saya tinggal melanjutkan," ungkap Besar, saat pisah sambut Pangdam III Siliwangi di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh Kota Bandung, Jumat, 23 Maret 2018.

Besar menuturkan, peningkatan program Citarum harum akan dilakukannya dengan melibatkan seluruh instansi-instansi terutama masyarakat.

"Budaya bersih khususnya di masyarakat perlu ditumbuhkan, bersama dengan stakeholder kita akan terus tingkatkan kebersihan baik itu bersih air, lingkungan dan sebagainya," ucapnya.

Baca: Metrotvnews.com Dapat Penghargaan Peduli Citarum dari Kodam Siliwangi

Menurutnya, kedepan pihaknya akan mengupayakan kepada seluruh masyarakat agar sadar dan lebih mencintai sungai. Menurutnya, bila digambarkan sungai harus seperti beranda depan rumah kita.

"Untuk mencintai lingkungan pertama tama kita harus mengawali dari pekarangan rumah kita, oleh sebab itu kita berikan pemahaman dan pembelajaran kepada masyarakat untuk memberdayakan lahan pekarangannya. Sehingga nantinya akan terwujud cinta akan lingkungan, kebersihan dan alam," katanya.

Baca: Presiden Minta Penataan Sungai Citarum Segera Dijalankan

Perwira Tinggi TNI AD yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpus Penerbad) ini meyakini bila masyarakat telah memahami dan tertanam jiwa bersih maka Citarum Harum, akan terwujud.

"Saya yakin itu tercapai, dengan semangat dan tekad yang kuat. PING penting, kita ajak masyarakat untuk mencintai rasa bersih dari hati dan pikiran kemudian diwujudkan dalam kebersihan lingkungan," tandasnya.

Sebelumnya, Pucuk pimpinan Kodam III Siliwangi mengalami pergantian, yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Doni Monardo kini beralih ke Mayjen TNI Besar Harto Karyawan.




(ALB)