Lima Kecamatan di Bekasi Rawan Terkena Banjir Kiriman

Antonio    •    Kamis, 08 Nov 2018 09:24 WIB
bencana longsorbencana banjir
Lima Kecamatan di Bekasi Rawan Terkena Banjir Kiriman
Anak – anak tengah bermain di bantaran Kali Bekasi di Kelurahan Margahayu, Kota Bekasi, Jawa Barat beberapa waktu lalu (ilustrasi). Antonio/Medcom.id

Bekasi: Sebanyak lima kecamatan di Kota Bekasi yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi rawan terdampak banjir kiriman dari Kabupaten Bogor. Hal itu dapat terjadi apabila intensitas hujan di wilayah Kabupaten Bogor tinggi.

Kordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Aditya mengatakan lima kecamatan tersebut yakni Jatiasih, Bekasi Selatan, Rawalumbu, Bekasi Timur, dan Bekasi Utara.

“Itu kalau ada hujan dari Bogor melintas di Kali Bekasi, itu lima kecamatan tersebut yang terdampak,” kata dia di Bekasi, Kamis 8 Nopember 2018.

Ia menjelaskan, sejauh ini pihaknya berkordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor untuk mendapatkan informasi terkait dengan kondisi cuaca diwilayah tersebut. Selain itu, pihaknya juga melakukan pemantauan Tinggi Muka Air (TMA) di pertemuan Kali Cileungsi – Kali Cikeas dengan Kali Bekasi.

Karena, menurut dia, TMA di lokasi tersebut dapat menentukan apakah pemukiman yang berada di lima kecamatan tersebut bakal terdampak banjir kiriman atau tidak.

“Kalau untuk kondisi aman sekarang ini untuk daerah Bekasi sampai dengan 400 sentimeter masih aman, namun kalau sudah di atas 400 kita melakukan pemantauan,” ujarnya.

Aditya menambahkan, petugas BPBD akan menginformasikan ke masing – masing RW apabila ketinggian air sudah di atas 400 sentimeter. Supaya, warga dapat segera mengambil tindakan dan menyelamatkan barang – barang berharganya terlebih dahulu,

“Untuk masyarakat yang ada di DAS Kali Bekasi saya imbau untuk tidak membuang sampah ke Kali karena akan menyebabkan pemampatan. Lalu ,tetap wasapada jika ada informasi kenaikan air dan selamatkan barang – barang berharga,” tutupnya.



(ALB)