Ratusan Pelajar di Bandung Teriakan `Save Rohingya`

Jaenal Mutakin    •    Rabu, 06 Sep 2017 13:58 WIB
rohingya
Ratusan Pelajar di Bandung Teriakan `Save Rohingya`
Aksi solidaritas bela etnis Rohingya di Myanmar -- AFP/Timur Matahari

Metrotvnews.com, Bandung: Ratusan pelajar dari Sekolah Islam Nurul Fikri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menggelar solidaritas untuk etnis Rohingya di Myanmar di depan Gedung Sate. Mereka mengecam kekerasan yang diterima warga Rakhine State.

Pantauan Metrotvnews.com, massa berkumpul di depan Gedung Sate sejak pukul 10.00 WIB. Mereka membawa bendera merah putih dan poster yang bertuliskan keprihatinan atas krisis kemanusiaan yang menimpa umat muslim di Rakhine State.

"Save Rohingya.. Save Rohingya.. Save Rohingya...," teriak peserta aksi di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jawa Barat, Rabu 6 September 2017.

Aris Firmansyah, koordinator aksi, menjelaskan, pihaknya sengaja menggelar aksi sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama manusia. "Ini bagian dari pembelajaran kepedulian yang masuk dalam PPKN," ujarnya.

Menurut Aris, pembersihan etnis muslim Rohingya oleh tentara Myanmar harus dihentikan karena melanggar hak asasi manusia (HAM). "Masalah ini harus menjadi perhatian dunia," ujar Aris.

Koordinator aksi dari Aliansi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (AKAB) Asep Ruswan Efendi menambahkan, aksi ini adalah wujud keprihatinan terhadap sesama muslim di Rakhine State. Menurutnya, pemerintah Indonesia turun tangan dengan langkah nyata.

"Kami meminta Duta Besar Myanmar diusir dari Indonesia dan Duta Besar Indonesia ditarik dari Myanmar, lalu putuskan diplomasi dengan Myanmar. Kami akan terus berikan saran agar pemerintah turun langsung dengan tentaranya," pungkasnya.


(NIN)