Mensos Minta Pencairan Dana PKH Dipercepat

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 13 Jul 2017 20:32 WIB
pendidikandana pkh
Mensos Minta Pencairan Dana PKH Dipercepat
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyalurkan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan di Kota Cirebon. --MTVN/Rofahan--

Metrotvnews.com, Cirebon: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengeluarkan kebijakan untuk mempercepat pencairan bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH) pada bulan ini. Percepatan pencairan karena melihat kebutuhan masyarakat jelang masuk sekolah tahun ajaran baru.

“Menjelang ajaran baru kebutuhannya cukup tinggi,” kata Khofifah saat menyalurkan bantuan PKH di Cirebon, Jawa Barat, Kamis 13 Juli 2017.

Menurut Khofifah, pencairan tahap kedua seharusnya dilaksanakan sejak Juli hingga Agustus. Namun karena kebutuhan yang cukup tinggi, ia meminta pencairan dana PKH bisa dicairkan hingga 16 Juli nanti. “17 Juli sudah mulai masuk sekolah.”

Khofifah berharap, pencarian PKH yang diperpecap bisa menggenjot motivasi siswa untuk belajar. Hasil kesepakatan dengan Himpunan Bank Negara (Himbara), warga yang masuk program PKH akan mendapatkan bantuan Rp1.890.000 tanpa potongan apa pun. Dana dicairkan empat tahap.

“Bulan ini penciran tahap kedua. Saya meminta kepada wilayah yang belum mencairkan segera dicairkan,” ujar Mensos.

Mayoritas warga mengaku dan berjanji akan menggunakan uang PKH untuk membeli kebutuhan sekolah. Mereka juga senang karena dana tak disunat. “Tak ada potongan bu,” kata warga serempak.


(ALB)