Pedagang Pasar Baru Panik Jelang Akhir Masa Pengelolaan

Roni Kurniawan    •    Rabu, 18 Jul 2018 16:15 WIB
perdagangan
Pedagang Pasar Baru Panik Jelang Akhir Masa Pengelolaan
Sekjen Himpunan Pedagang Pasar Baru Bandung Iwan Suhermawan saat ditemui di Pasar Baru, Bandung, Jawa Barat, Rabu, 18 Juli 2018. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Pegadang Pasar Baru Bandung mulai resah menjelang berakhirnya masa pengelolaan PT Atanaka Persada Permai pada Desember 2018 mendatang. Mereka tak dapat memastikan siapa yang akan mengelola tempat mereka mencari nafkah nanti.

"Kami resah karena kalau dengan pengelola yang baru itu ibaratnya akan berjalan dari awal lagi. Karena pasti sistemnya berbeda," ujar Sekjen Himpunan Pedagang Pasar Baru Bandung Iwan Suhermawan saat ditemui di Pasar Baru, Bandung, Jawa Barat, Rabu, 18 Juli 2018.

Pasar Baru dikelola PT APP sudah berjalan dengan baik, termasuk dari segi pemasaran dan promosi, bahkan hingga ke luar negeri. PT APP telah mengelola Pasar Baru selama 18 tahun.

Jika nantinya masa kontrak sudah habis, belum ada kepastian dari pihak Pemerintah Kota Bandung siapa yang akan mengambil alih pengelolaan.

"Kami khawatir di kepengurusan yang baru, kondisi akan buruk," cetusnya.

Iwan mendesak pengelola memperpanjang kontrak dengan Pemkot Bandung sebelum masa kontrak berakhir. Pedagang di Pasar Baru mengaku telah nyaman dengan sistem yang diterapkan pengelola, termasuk metode pemasaran.

"Kami akui, memang ada kekurangan sedikit di pengelola yang sekarang, tapi itu kan bisa diperbaiki. Daripada pengelolaan berpindah tangan, malah jadi bobrok," pungkasnya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku belum bisa memutuskan dalam waktu dekat terkait pihak yang akan mengelola Pasar Baru Bandung. Pasalnya, Pemkot Bandung akan melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap pengelola saat ini. Termasuk kontribusi bagi pendapatan Kota Bandung.

"Kami akan menyeleksi rasa adil terhadap pemasukan Pemkot Bandung. Kalau administrasi mah enggak ada catatan yang pelanggaran ya," kata Emil saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Rabu 18 Juli 2018.

Pria yang akrab disapa Emil ini ingin menghasilkan pendapatan yang lebih dari Pasar Baru untuk Pemkot Bandung. Terlebih pasar yang menjual berbagai kebutuhan mulai dari pangan hingga sandang itu kerap menjadi perhatian wisatawan dari mancanegara.

"Saya tidak akan melihat apakah yang lama atau baru, selama sesuai prosedur, kita ingin memastikan (pengelolaan). Karena potensi ekonomi di sana sangat besar untuk pendapatan Pemkot. Jadi kita akan kaji dulu," tegas Emil.


 


(SUR)