Busa Akibatkan Ikan di Kali Bekasi Mati

Antonio    •    Senin, 03 Sep 2018 17:32 WIB
lingkungan
Busa Akibatkan Ikan di Kali Bekasi Mati
Busa muncul di Kali Bekasi diduga akibat limbah, Senin, 3 September 2018, Medcom.id - Antonio

Bekasi: Kali Bekasi, Jawa Barat, diduga tercemar. Pada Senin, 3 September 2018, air sungai berubah menjadi hitam. Buih putih keluar dan menimbulkan bau tak sedap.

Tengku Imam Qobul, anggota Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Data Air Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, mengatakan kondisi itu terjadi sejak pukul 06.00 WIB. Ia melihat beberapa ikan mati di aliran Kali Bekasi.

"Tadi ikan pada mati, ikan sapu-sapu saja pada mati, tadi pagi sebelum busanya besar ikan udah mengambang saya lihat," kata Imam di Bekasi.

Ia memperkirakan limbah muncul akibat air sungai naik melewati batas di bendungan. "Kalau dia (Kali Bekasi) sudah bau dan tingkat keasaman tinggi, kalau terjun sedikit nanti dia berbusa, makanya ini yang berbusa cuma disini sampai 15 kilometer ke arah hilir," kata dia di Bekasi.

Kondisi Kali Bekasi mulai membaik ketika air dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalimalang dibuka ke Kali Bekasi. "Kalau air, biarpun ada riak sebesar apapun enggak akan berbusa seperti begini. Ini karena memang tadi yang mengalir limbah semua jadi berbusa, lama-lama sudah mulai berkurang karena sudah bercampur air dari Kalimalang," jelasnya.


(RRN)