Cirebon Gelar Pemungutan Suara Ulang Pilwalkot 22 September

Ahmad Rofahan    •    Senin, 17 Sep 2018 15:28 WIB
pilkada serentak
Cirebon Gelar Pemungutan Suara Ulang Pilwalkot 22 September
Ilustrasi pilkada, Medcom.id - M Rizal.

Cirebon: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon Emirzal Hamdani memastikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) akan dilaksanakan pada Sabtu, 22 September 2018. PSU akan dilaksanakan di 24 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di empat kecamatan.

"Sebenarnya kami tidak pernah mengumumkan yang 19 September. Itu hanya konsumsi pribadi saja dalam rapat, namun ternyata keluar ke publik. Karena saat itu, belum ada keputusan final," kata Emrizal di Cirebon, Jawa Barat, Senin, 17 September 2018.

Emrizal menjelaskan, empat kecamatan yang akan melaksanakan PSU di Kota Cirebon, yaitu Kecamatan Kesambi, Kecamatan Kejaksan, Kecamatan Lemahwungkuk, dan Kecamatan Pekalipan. Emrizal memperkirakan ada sekitar 8.000 pemilih yang akan mengikuti PSU.

Menurut Emrizal, dipilihnya hari Sabtu 22 September karena pihaknya menghindari untuk melaksanakan PSU pada hari kerja.  Selain itu, KPU juga tidak memilih hari Minggu 23 September 2018, dikarenakan hari tersebut merupakan hari pertama kampanye Pemilu 2019.

"Tanggal 23 September itu awal kampanye untuk pemilu 2019. sehingga kita memilih lebih awal," jelas Emrizal.

Seperti diketahui, pilkada Kota Cirebon akhirnya dibawa ke MK oleh paslon nomor 1, Bamunas S Boediman - Efendi Edo (Oke) yang didukung oleh PDI Perjangan, Partai Golkar, PPP, PAN dan Partai Gerindra. Lawan mereka yaitu paslon nomor 2, Nashrudin Azis-Eti Herawati (Pasti) yang didukung oleh Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB dan PKPI.

Keduanya memperoleh selisih suara yang tipis dan dimenangkan oleh paslon nomor 2. Pada Rabu, 12 September 2018 lalu MK akhirnya memutuskan PSU di 24 TPS yang ada di Kota Cirebon. KPU Kota Cirebon diberikan waktu 30 hari untuk menyelenggarakan PSU tersebut.


(DEN)