Arus Mudik di Cirebon Diprediksi Lancar

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 05 May 2018 15:11 WIB
Mudik Lebaran 2018
Arus Mudik di Cirebon Diprediksi Lancar
H-3 Lebaran 2017, ribuan motor memadati jalan dua arah jalur pantura di pertigaan Losari , Cirebon, Jawa Barat. (ANT/Rosa Panggabean)

Cirebon: Dikebutnya pembangunan infrastruktur jalan tol di Jawa, diprediksi membuat mudik Lebaran 2018 lebih lancar. Wakapolri Komjen Syadruddin menyakini dengan dibangunnya tol hingga Semarang, Jawa Tengah, maka kemacetan saat mudik akan berkurang.

"Insyaallah arus mudik di Cirebon lancar," kata Wakapolri di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu 5 Mei 2018.

Wakapolri menuturkan, lalu lintas di Cirebon akan merasakan dampak yang cukup signifikan saat mudik. Dengan terhubungnya jalan tol hingga Semarang, membuat kemacetan yang biasanya muncul di Cirebon akan berkurang.

"Cirebon akan aman, karena kemacetannya akan terlewati," kata Wakapolri.

General Manager operasional PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Tol Cipali, Suyitno, mengatakan pihaknya juga mengantisipasi adanya kemaceten saat arus mudik dan balik nanti. Salah satunya dengan menambah luas parkir kendaraan di rest area tipe A.

"Lahan parkirnya kita luaskan dan bisa menampung 200 kendaraan lebih banyak, dibandingkan sebelumnya hanya 600 menjadi 800," kata Suyitno.

Dia mengungkap, pihaknya telah menyiapkan sistem contra flow Jika nanti tetap terjadi kemacetan rest area. Dengan adanya penambahan lahan parkir, diharapkan kemacetan karena antrean kendaraan di rest area bisa diatasi.

"Kami sudah siap untuk arus mudik dan balik nanti," kata Suyitno.


(LDS)