DPD RI Ajak Raja Nusantara Bahas Budaya Bahari

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 21 Jul 2018 16:47 WIB
dpd rikemaritiman
DPD RI Ajak Raja Nusantara Bahas Budaya Bahari
Forum Group Discussion (FGD) dengan tema Membangun Budaya Nasional Berbasis Bahari di Cirebon. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, menggelar Forum Group Discussion (FGD) dengan tema Membangun Budaya Nasional Berbasis Bahari. Kegiatan ini juga kerjasama DPD RI, Metro TV dan Forum Silaturahmi Keraton Nusantara.

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono mengatakan, kegiatan ini kolaborasi rutin yang dilakukan oleh DPD RI dengan media. Diskusi digelar untuk membahas tema-tema penting tentang tugas kelembagaan.

Untuk kali ini,pihaknya fokus untuk membahas tentang membangun dan menumbuhkan kembali budaya nasional, yang di dalamnya juga terdapat budaya bahari.

"Karena kita merupakan wilayah bahari," ujar Nono.

Nono juga mengatakan, pihaknya sedang membahas rancangan undang-undang terkait perlindungan hak masyarakat adat. Festival Keraton Nusantara juga akan digelar di Sumenep, Jawa Timur, dalam waktu dekat.

"Dalam diskusi ini juga ada masukan-masukan mengenai dua hal tersebut," kata Nono.

Sementara itu sejarawan Anhar Gonggong mengatakan, masyarakat harus mulai untuk memperbaiki kesalahannya dalam menilai laut. Laut tak boleh dianggap sebagai pemisah, tapi pemersatu.

"Tidak hanya selalu dikatakan memisahkan, tapi laut justru penyambung dan pemersatu," kata Anhar.

Masa depan bangsa Indonesia ada di laut. Masyarakt harus bisa memanfaatkan laut dengan baik. Bahkan, Anhar menyebut bahwa laut adalah benua kelima di Indonesia.

"Kalau kita tinggalkan, kita akan dijajah kembali oleh orang-orang luar," ujar Anhar.


(SUR)