Tabur Bunga, Cara Warga Bogor Dukung Polisi Tangkal Terorisme

Rizky Dewantara    •    Minggu, 13 May 2018 19:42 WIB
Teror Bom di Surabaya
Tabur Bunga, Cara Warga Bogor Dukung Polisi Tangkal Terorisme
Aksi warga di Bogor, Minggu 13 Mei 2018, menaburkan bunga dan menandatangani dukungan lawan terorisme, Medcom.id - Rizky Dewantara

Bogor: Warga Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melakukan kegiatan tabur bunga di GOR Pakansari, Minggu 13 Mei 2018. Kegiatan itu bertujuan menghormati lima polisi yang tewas dalam kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok empat hari lalu.

Pantauan Medcom.id, ratusan orang mendatangi GOR Pakansari. Satu per satu warga menaburkan bunga. Mereka juga menandatangani selembar kain panjang sebagai bentuk dukungan melawan teroris.

Kasubbag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena mengatakan masyarakat Kabupaten Bogor mengucapkan duka cita yang sedalam-dalamnya bagi anggota yang gugur dalam tugas. Mereka, yaitu para anggota, memiliki keberanian melawan teroris.

"Kami atas nama Polres Bogor beserta masyarakat Kabupaten Bogor turut berduka cita atas gugurnya rekan kami yang sedang bertugas di Mako Brimob Klapa Dua Depok," ujar dia, di GOR Pakansari, Minggu, 13 Mei 2018.

Ia menambahkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tabur bunga dan penandatanganan bersama masyarakat Kabupaten Bogor sebagai bukti dukungan terhadap POLRI untuk memberantas teroris di Indonesia.

"Aksi spontanitas dari masyarakat Kabupaten Bogor, kami hanya melakukan pengamanan dari kegiatan saja," tandasnya.

Di tempat yang sama, Rizky Utama, 31, warga Gunung Putri, Kabupaten Bogor, mengatakan aksi itu sangat bagus. Itu menunjukkan perlawanan Indonesia pada terorisme adalah harga mati.

"Kita jangan sampai terpecah-belah oleh aksi terkutuk teroris. Aksi ini sebagai sikap bahwa kami bersatu dengan berbeda-beda agama untuk melawan teroris," ungkap dia.

Sementara itu Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengobarkan keberanian pada warga untuk tidak takut pada teroris. Sebab polisi dan petugas keamanan sudah dikerahkan untuk mengamankan Kota Bandung.

"Kami dari polisi akan memberikan rasa aman dan nyaman," ujar Hendro di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jawa Barat

Hendro pun meminta masyarakat untuk tidak panik dan tidak menelan mentah-mentah jika ada isu terutama mengenai aksi teror. 

"Silakan tetap beraktifitas untuk seperti biasanya," tegas Hendro.

Sebelumnya, telah terjadi ledakan bom di tiga Gereja lokasi berbeda di Surabaya, Jawa Timur yakni Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, Gereja Kristen Indonesia dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS). 

Akibat insiden tersebut, terdapat sembilan orang dilaporkan telah tewas serta puluhan warga mengalami luka-luka. 

Tiga gereja di Surabaya diteror bom pagi tadi. Tiga gereja tersebut adalah, Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Surabaya, GKI di Jalan Diponegoro, serta satu gereja di Jalan Arjuno Surabaya.



(RRN)