MenPAN-RB Siap Usut Dugaan Kecurangan Proses Penerimaan Hakim MA

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 07 Nov 2017 09:10 WIB
seleksi cpns
MenPAN-RB Siap Usut Dugaan Kecurangan Proses Penerimaan Hakim MA
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur -- MTVN/Octavianus Dwi Sutrisno

Metrotvnews.com, Bandung: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur siap mengusut dugaan pelanggaran yang terjadi dalam penerimaan calon hakim 2017. Bila terbukti ada kecurangan dalam proses penerimaan calon hakim 2017, akan ada sanksi yang diberikan.

"Ini kan baru indikasi. Atas nama individu, dia meminta di luar kewenangannya atau di luar hal yang diwajibkan. Itu kita tindak, kita usut, tidak boleh dibiarkan‎," kata Asman di Bandung, Jawa Barat, Senin 6 November 2017.

Asman menegaskan, proses penerimaan calon hakim telah dilakukan secara transparan menggunakan sistem computer assisten test (CAT). Ini dilakukan untuk memperkecil terjadinya kecurangan.

"Rasanya tidak mungkin terjadi kecurangan. Namun, kadang-kadang ada yang mengatasnamakan seolah-olah bisa membantu," bebernya.

(Baca: 30.715 Orang Tercatat Mendaftar Jadi Hakim MA)

Menurut Asman, pihaknya terus memantau setiap tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di seluruh lembaga pemerintahan. Sejauh ini, belum ditemukan adanya pelanggaran atau kecurangan.

"Kalau indikasi itu mungkin saja ada. Tapi, pembuktiannya harus kita lakukan investigasi. Jadi, kita tidak bisa mengatakan ini ada atau enggak (kecurangan)," paparnya.

Terkait mundurnya pengumuman kelulusan hakim oleh Mahkamah Agung (MA), Asman mengatakan tidak ada hubungannya dengan adanya kecurangan. "Saya sudah bertemu dengan Sekretaris MA, pengumuman mundur karena masalah penggolongan kriteria," pungkasnya.

(Baca: Menpan RB Laporkan Penerimaan Hakim dan PNS kepada Presiden)


(NIN)