Polisi Kantongi Identitas Pengunjung Memberi Rokok ke Orangutan

Roni Kurniawan    •    Rabu, 07 Mar 2018 18:59 WIB
orangutanhewan dilindungi
Polisi Kantongi Identitas Pengunjung Memberi Rokok ke Orangutan
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo (kiri) saat berdiskusi dengan salah seorang pengelola Kebun Binatang Bandung, Rabu 7 Maret 2018. (Medcom/Roni K)

Bandung: Polrestabes Bandung, Jawa Barat, menelusuri identitas pengunjung Kebun Binatang Bandung (KBB) yang memberikan rokok ke orangutan. Polisi mengantongi identitas pengunjung dan siap menindak lanjuti kasus tersebut.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan telah menganalisis pelempar rokok ke orangutan oleh seorang pengunjung pria melalui video yang beredar di media sosial. Kini Polrestabes Bandung tengah menunggu laporan resmi dari pengelola KBB untuk segera menindak.

"Jelas videonya, orangnya jelas, identitasnya jelas. Kalau memang nanti laporan ke polisi muncul pasti kita akan tindaklanjut," ujar Hendro saat meninjau langsung orangutan di Kebun Binatang Bandung (KBB) Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu 7 Maret 2018.

Baca: Pelempar Rokok ke Orangutan di Bonbin Bandung Segera Ditindak

Namun polisi masih menunggu keputusan pengelola KBB. Polisi pun, lanjut Hendro, dipastikan akan mengikuti rapat bersama KBB untuk mengetahui detail kronologi pria yang memberikan rokok terhadap satwa langka itu.

"Kita datang ke sini mengajak Kasatserse bertemu pengurus Kebun Binatang Bandung ini untuk mendengarkan bagaimana kronologi kejadiannya. Beliau nanti akan mengundang rapat kepada kita untuk menentukan tindaklanjutnya," urai Hendro.

Hendro mengaku kejadian tersebut berkaca pada kasus pemberian minuman alkohol kepada satwa di Kebun Raya Bogor pada 2017 silam. Pasalnya hal itu masuk dalam tindak pidana ringan yang terdapat pada Pasal 302 KUHP mengenai penganiayaan terhadap satwa.

"Kita akan dalami besok tentunya hasil rapatnya ada dan akan kita sampaikan kepada media," tegasnya.


(LDS)