Status Tersangka Novanto tak Pengaruhi Dukungan untuk Ridwan Kamil

Ahmad Rofahan    •    Senin, 20 Nov 2017 10:16 WIB
pilgub jabar 2018
Status Tersangka Novanto tak Pengaruhi Dukungan untuk Ridwan Kamil
Muhaimin Iskandar saat membuka Cirebon Mengaji di Masjid Attaqwa Cirebon, Minggu malam, 19 November 2017, MTVN - Ahmad Rofahan

Cirebon: Partai Golkar merupakan salah satu partai yang menyatakan dukungan untuk Ridwan Kamil alias Emil dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Namun penetapan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto tak akan membuat kekuatan koalisi pendukung Emil goyah.

Emil mendapat dukungan dari empat partai yaitu NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golkar. Koalisi empat partai bermodalkan 38 kursi di DPRD Jabar untuk maju dalam Pilgub 2018.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan status baru Novanto tak berpengaruh pada koalisi pendukung Emil. Menurut Cak Imin, demikian ia biasa disapa, penetapan status merupakan urusan internal partai.

“Tidak ada pengaruhnya, karena itu urusan masing-masing internal partai,” kata Cak Imin di Cirebon, Minggu, 19 November 2017.

Saat ini, ujar Cak Imin, PKB dan partai koalisi tengah menyiapkan pembahasan lanjutan untuk pencalonan Emil. Salah satunya yaitu membahas pendamping Emil.

“Karena setiap partai punya calon pendamping, jadi perlu kita bicarakan,” kata Imin.

Menurut Cak Imin, pembicaran tersebut akan dilaksanakan menunggu inisiatif yang dilakukan oleh Ridwan Kamil, untuk mengumpulkan parati koalisi pendukung. Ia memperkirakan, nama calon pendamping Ridwan Kamil akan muncul pada akhir bulan ini.

“Mudah-mudahan akhir bulan ini sudah selesai,” kata Imin.

KPK resmi mengumumkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP lagi. Ini merupakan kedua kalinya KPK menjerat Novanto setelah kalah melalui praperadilan. Setnov disangka melanggar Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP


(RRN)