Usaha Retail Jabar Bertumbangan Dihantam Bisnis Online

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 31 Oct 2017 16:28 WIB
e-commerce
Usaha Retail Jabar Bertumbangan Dihantam Bisnis <i>Online</i>
epala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat. Foto: MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Efek disrupsi bisnis digital mulai dirasakan imbasnya di Jawa Barat. Sejumlah bisnis retail di Jawa Barat tercatat gulung tikar.

"Untuk saat ini di Jawa Barat, yang kami ketahui baru 7 Eleven dan Lotus. Namun kami juga belum tahu detail jumlahnya," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat, di Cirebon, Selasa 31 Oktober 2017.

Wiwiek mengatakan tutupnya sejumlah bisnis retail lebih disebabkan perubahan gaya hidup masyarakat. Saat ini, masyarakat sudah mulai beralih menggunakan transaksi online untuk mencari kebutuhan.

Sehinggga bisnis retail sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat. "Salah satu penyebab tumbangnya bisnis retail, karena masyarakat sudah nyaman dengan online," kata Wiwiek.

Selain itu, tren konsumsi masyarakat juga mulai bergeser karena lebih banyak yang memilih menggunakan uang untuk berlibur dibandingkan membeli kebutuhan seperti pakaian. Hal ini juga menyebabkan bisnis retail lesu.

Wiwiek mencontohkan, masyarakat cukup antusias mendatangi pameran yang menawarkan rabat perjalanan atau tiket perjalanan murah. Kondisi tersebut juga dibuktikan dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Indonesia.

"Masyarakat sekarang membeli pakaian itu cukup satu, tapi mereka lebih memilih mencari tiket perjalanan," kata Wiwiek.


(SUR)