Tilang Ganjil Genap di Gerbang Tol Bekasi Ditunda

Antonio    •    Senin, 26 Mar 2018 10:20 WIB
sistem ganjil genap
Tilang Ganjil Genap di Gerbang Tol Bekasi Ditunda
Suasana Gerbang Tol Bekasi Timur 2, Selasa, 13 Maret 2018, Medcom.id - Antonio

Bekasi: Proses penindakan bukti pelanggaran (Tilang) sistem ganjil genap di Gerbang Tol Bekasi menuju Jakarta ditunda. Sedianya penindakan dilakukan pada Senin, 26 Maret 2018.

Kanit 1 PJR Tol Jakarta Cikampek Ipda M Syahbani mengatakan penundaan dilakukan karena polisi masih memberlakukan operasi keselamatan. Rencananya, operasi tersebut rampung pada hari ini.

Baca: Pelanggar Ganjil-Genap di GT Bekasi bakal Ditilang

"Setelah operasi keselamatan selesai, besok kami akan lakukan tilang," kata Syahbani di Bekasi, Jawa Barat.

Humas Jasamarga cabang Jakarta Cikampek Irwansyah menyatakan untuk hari ini baru dilaksanakan penindakan kepada pelanggar ganjil genap. Namun penindakan yang dilakukan berupa peringatan.

Kendaraan yang berpelat nomor ganjil dialihkan oleh petugas untuk berputar balik. Sehingga kendaraan tak bisa melintasi gardu tol.

Sistem ganjil genap diberlakukan di Gerbang Tol Bekasi Barat 1 dan 2 serta Bekasi Timur. Kendaraan yang diizinkan melintasi gerbang tol memiliki digit terakhir pada nomor pelat sesuai dengan tanggal, yaitu ganjil atau genap. Penerapan berlangsung mulai 12 Maret 2018.

Pada pekan pertama, sebanyak 1.040 kendaraan kendaraan pribadi yang melanggar aturan tersebut. Petugas yang berjaga di gerbang tol pun mengalihkan kendaraan untuk melintasi jalur lain. 

Di pekan kedua, jumlah kendaraan yang melanggar menurun menjadi 917 unit. Petugas tak memberikan sanksi pada pelanggar. Petugas hanya meminta pengendara putar arah.

Pengendara juga dapat menitipkan kendaraan mereka di area parkir sekitar gerbang tol. Lalu, pengendara dapat melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan menumpang bus yang disiapkan pemerintah.



(RRN)