Arisan Jamban, Cara Bebaskan Warga dari Kebiasaan BAB Sembarangan

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 16 Mar 2017 21:04 WIB
lingkungan
Arisan Jamban, Cara Bebaskan Warga dari Kebiasaan BAB Sembarangan
Aktivis mengampanyekan penyediaan jamban bagi keluarga Indonesia, Ant - R Rekotomo

Metrotvnews.com, Cirebon: Arisan jamban, cara Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, membebaskan warga setempat dari kebiasaan buang air besar (BAB) sembarangan. Sedikitnya 10 desa di Cirebon melaksanakan arisan tersebut.

Kasie Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Olahraga dan Kesehatan Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Jajang Prihatna, mengatakan memiliki program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Program itu mengajak warga sadar tak BAB sembarangan.

Hanya saja, lanjut Jajang, tak ada bantuan biaya dalam program tersebut. Sehingga ia mengajak warga membuat jamban secara mandiri.

"Ya solusinya dengan arisan jamban," kata Jajang seperti yang ditulis Metrotvnews.com, Kamis 16 Maret 2017.

Jajang mengatakan warga di 10 desa memberlakukan arisan jamban. Nominalnya bervariasi sesuai kesepakatan warga.

"Tapi jambannya tak mewah. Yang penting bersih dan sehat," ungkap Jajang.

Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon juga memiliki kelompok wirausaha sanitasi. Kelompok yang dikelola oleh masyarakat ini, memfasilitasi pembangunan jamban dengan harga yang murah. Kelompok ini juga, difasilitasi peralatan pembuatan sanitasi dan jamban milik Dinkes Kabupaten Cirebon.

“Kita dapatkan bantuan alat pembuat sanitasi dari pusat dan kita pinjamkan ke kelompok wirausaha sanitasi,” kata Jajang.

Saat ini, ada dua kelompok wirausaha sanitasi yang sudah dibentuk, yaitu di Kecamatan Klangenan dan Kecamatan Panguragan. Kelompok ini nantinya bisa membuatkan jamban dengan harga yang cukup murah. Adanya kelompok wirausaha sanitasi ini juga, mendorong banyak masyarakat yang akhirnya tertarik untuk membuat jamban.

“Pesanannya cukup banyak. Sampai kewalahan. Untuk meningkatkan peran dimasyarakat, kita berencana akan menambah lagi kelompok tersebut,” kata Jajang.


(RRN)