386 Rumah Dirusak Puting Beliung Kabupaten Bandung

P Aditya Prakasa    •    Sabtu, 12 Jan 2019 13:48 WIB
puting beliung
386 Rumah Dirusak Puting Beliung Kabupaten Bandung
Polisi membantu warga membersihkan puing-puing rumah akibat diterjang angin puting beliung di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Sabtu 12 Januari 2018. Medcom.id/P Aditya Prakasa

Bandung: Ratusan rumah warga di wilayah Sapan dan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  rusak diterjang angin puting beliung pada Jumat, 11 Januari 2019. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat tiga kampung terdampak.

Ketiga Kampung tersebut yakni Kampung Jatisari  dengan 15 rumah rusak berat dan 21 rusak ringan, Kampung Papanggungan (50 rusak ringan), dan Kampung Rancaekek Permai (300 rumah),

"Kita akan kordinasi lebih lanjut, guna penanganan pasca kejadian (bencana puting beliung. Untuk korban 15 orang luka ringan dan 1 orang luka berat," Kepala Pusat Pengendalian Operasi BPBD Jawa Barat Budi Budiman, Sabtu, 12 Januari 2019.

Polri, TNI, SAR, dan pemerintah daerah setempat mendirikan posko siaga lokasi bencana dan tenda bagi korban terdampak.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andhiko mengatakan, Satuan Brimob dan Dalmas telah mendirikan dua tenda posko di Perumahan Rancaekek Permai. Posko tersebut guna menampung logistik dan mendata kerusakan akibat terjangan angin puting beliung.

"‎Semalam kita sudah pasang tenda posko siaga, Brimob dan Dalmas dari Polres Bandung. Kedua pagi ini, kita juga telah mendirikan posko layanan kesehatan itu baik itu dipergunakan nantinya untuk korban atau pun petugas," kata Truno saat dihubungi.

Selain itu, untuk tetap mengantisipasi adanya tindak kejahatan, polisi juga melakukan patroli di sekitar rumah-sekitar rumah warga yang ditinggalkan sementara. Hal serupa juga dilakukan di Karawang dan Garut.

"Untuk antisipasi kita lakukan patroli baik di rumah-rumah warga juga tempat-tempat yang dijadikan pengungsian," ucap Truno.
 


(SUR)