Jatibening Langanan Banjir 10 Tahun Lebih

Antonio    •    Kamis, 29 Nov 2018 16:57 WIB
bencana banjir
Jatibening Langanan Banjir 10 Tahun Lebih
Warga mencoba melintasi banjir yang terjadi di Komplek TNI AL. Medcom.id/Antonio

Bekasi: Sudah sepuluh tahun lebih warga RW 10, Kompleks TNI AL Jatibening, Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, langganan banjir saat hujan melanda. Hal itu kembali dirasakan hari ini, Kamis 29 November 2018.

Sekitar 500 rumah yang tersebar di 12 Rukun Tetangga (RT) kebanjiran. Masing-masing rumah ditinggali satu sampai dua Kepala Keluarga (KK).

Humas Rukun Warga 10, Johnny Haryoto, 62,  menyebut banjir di perumahan itu pertama kali berlangsung pada 2007. Saat itu, warga di rumah yang belum direnovasi terdampak.

Kerugian materil dari banjir tersebut dirasakan warga pada saat itu. "Tapi sekarang sudah banyak yang ditinggikan (rumah). Jadi enggak sampai masuk kaya dulu, kesadaran dari warga untuk meninggikan rumah," ujarnya.

Banjir terjadi setiap kali wilayah itu dilanda hujan besar dalam kurun waktu tertentu. Hujan berintensitas tinggi sempat mengguyur wilayah tersebut satu satu jam.

Akibatnya, wilayah itu terendam banjir setinggi 20-40 sentimeter. "Dulu enggak banjir, sebelum blok E dan F dibangun, sejak tahun 2007," tuturnya.

Wilayah itu sudah didatangi Pemkot Bekasi. Rencananya, akan dilakukan pengerukan kali yang telah dangkal untuk mengurangi dampak banjir di wilayah tersebut.

Sejumlah jalan di perumahan itu ditutup dengan rambu maupun tali agar tidak dilalui kendaraan lantaran ketinggian air yang mencapai lutut orang dewasa.

Warga setempat lainnya, Basir, 58, mengatakan warga memarkir kendaraan jauh dari rumah apabila banjir melanda perumahan.

"Penutupan jalan kalau banjir saja," tuturnya.


 


(SUR)