Renovasi Stadion Patriot Ditargetkan Rampung 4 Agustus

Antonio    •    Senin, 16 Jul 2018 13:10 WIB
asian games 2018
Renovasi Stadion Patriot Ditargetkan Rampung 4 Agustus
Penjabat Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan saat meninjau Stadion Patriot Candrabhaga. (Foto: Antonio)

Bekasi: Renovasi Stadion Patriot Candrabhaga di Kota Bekasi, Jawa Barat ditargetkan rampung pada 4 Agustus 2018. Nantinya stadion itu bakal digunakan dalam babak penyisihan cabang olahraga sepak bola di ajang Asian Games 2018.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Mohamad Iriawan mengatakan, secara keseluruhan stadion sudah bisa dipakai karena proses renovasi sudah mencapai 89 persen. 

"Cuma kami ingin mendekati sempurna. Wajar itu kami ingin menyiapkan tempat yang bagus. Sehingga nanti betul-betul bisa terpakai teman-teman dari negara yang ada di Asia ini," kata Penjabat Gubernur Jawa Barat, Mohamad Iriawan, Senin 16 Juli 2018.

Ia juga berharap pasca-Asian Games 2018, Stadion Patriot Candrabhaga dapat digunakan untuk kegiatan olahraga tingkat internasional lainnya.

"Kita harapkan kalau ini (Stadion Patriot Candrabhaga) bagus, Asian Games, mudah-mudahan bisa jadi salah satu negara untuk bisa olimpiade. Kita harapannya itu," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kepala Dinas Olahraga dan Budaya Kota Bekasi, Tedi Hafni mengatakan, saat ini sebagain rumput di stadion mengering karena efek samping pestisida.

Menurut Tedi, perawatan rumput jenis "zoysia matrella" yang digunakan memang tidak mudah. "Kejadiannya pada tiga pekan lalu, saat rumput di stadion ini ditumbuhi sejumlah gulma, lalu disemprot pestisida oleh petugas setempat, hasilnya sebagian rumput menjadi kering," kata Tedi.

Meski begitu, kerusakan rumput tersebut hanya sekitar lima persen dari luas lapangan sepak bola yang tersedia. Sementara sisanya, tetap tumbuh dengan baik.

Rumput Stadion Patriot merupakan hasil karya Profesor Rahayu yang memang pakar tanaman rumput dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Besar kemungkinan, kekeringan terjadi karena campuran dosis pestisida yang tidak sesuai takaran.

"Kemarin sudah bagus, tapi ada gulma lalu disemprot pestisida. Setelah itu, rupanya ada beberapa yang tidak kuat dan jadi kering," ujar Tedi.

Stadion Patriot Candrabhaga akan digunakan untuk babak penyisihan pada cabang olahraga sepak bola. Akan ada delapan negara yang bertanding di stadion tersebut. Tapi saat ini stadion mengalami kendala.


(ALB)