Masamah Akhirnya Kembali ke Keluarga

Ahmad Rofahan    •    Minggu, 01 Apr 2018 16:48 WIB
tkiarab saudiindonesia-uni emirat arabhukuman mati
Masamah Akhirnya Kembali ke Keluarga
Masamah (berbaju hitam-putih) didampingi ayahnya, Raswa. (Medcom.id/Ahmad Rofahan)

Cirebon: Masamah Binti Raswa, 31, tenaga kerja wanita (TKW) asal Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, yang dibebaskan dari hukuman mati di Arab Saudi, tiba di kediamannya, Minggu 1 April 2018.

Masamah tiba di kediamannya pukul 04.00 WIB, didampingi  pejabat dari Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI), Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Cirebon dan sejumlah instansi lainnya.

Sejumlah tetangga turut menanti, silih berganti menyambangi kediaman Masamah. Mereka mengucapkan syukur dan bahagia kepada Masamah, yang bisa kembali ke Tanah Air. 

“Sebenarnya semalam Masamah mau mampir-mampir ke rumah saudara dan tetangga. Tapi karena masih lelah, habis menempuh perjalanan jauh. Masamah langsung ke rumah. Sehingga para tetangga yang memilih untuk pada ke sini,” ujar ayah kandung Masamah, Raswa, di Cirebon. 

Baca: Kepulangan Masamah Tertunda

Raswa mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur atas kepulangan putrinya. Terlebih, ia sempat khawatir adanya informasi keputusan hukuman mati untuk anak ke enamnya itu. 

Raswa yang turut menjemput di bandara yakin, Masamah tidak bersalah. “Saya selalu berdoa dan yakin anak saya akan bebas. Walaupun banyak yang bilang, Masamah mau dihukum mati,” kata Raswa.

Raut bahagia juga terpancar dari wajah Masamah. Ia akhirnya bisa berkumpul dengan keluarganya, setelah lebih dari delapan tahun berada di Timur Tengah. 

Menurutnya, sosok yang paling dirindukan adalah ibunya, Rukanah, 62. Masamah menuturkan, ibunya selalu mencoba berkomunikasi dengan Masamah untuk menanyakan kabar.

“Paling kangen sama Ibu, apalagi ibu sekarang sakit stroke,” kata Masamah.

Masamah juga sempat kaget begitu melihat putranya. pasalnya, ketika ia berangkan ke Arab Saudi, putranya masih setingkat SD. Kini, putra semata wayangnya itu, sudah SMA. 

"Kaget, karena sudah besar banget," ujarnya. 

Baca: TKI Lolos Hukuman Mati di Arab Saudi Pulang ke Indonesia Hari Ini

Masamah merupakan salah satu TKW yang berhasil lolos dari hukuman mati. Masamah dituduh membunuh anak majikan. Masamah dibebaskan, setelah keluarga korban memaafkan dan membebaskan Masamah dari segala tuduhan.


(LDS)