Tanah Labil, Warga Cianjur Diimbau Mengungsi

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 04 Apr 2018 08:00 WIB
bencana longsor
Tanah Labil, Warga Cianjur Diimbau Mengungsi
ilustrasi-medcom.id

Cianjur: Warga Babakan Ngantay, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, diimbau mengungsi ke tempat yang aman karena pergerakan tanah masih terjadi. Warga cemas karena tanah bergerak dan longsor susulan bisa terjadi kapan saja. 

"Jarak perkampungan dengan longsor di Puncak Pass hanya beberapa puluh meter dari pemukiman warga," ujar Kepala Desa Ciloto Tjutju Hidayat, Selasa 3 April 2018, melansir Antara. 

Tjutju mengatakan, setiap malam warga selalu meningkatkan kewaspadaan dengan ronda malam. Warga pun diimbau mengungsi ke Balai Desa Ciloto setiap hujan deras. 

"Ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," ungkapnya. 

Baca: 3 Bangunan Rusak Parah Akibat Longsor di Puncak

Setiap hari, kata dia, pihaknya terus memantau kawasan Puncak Pass Resort, Desa Ciloto, yang terdampak longsor pada Rabu malam, 28 Maret 2018. Warga diminta waspada karena ditakutkan longsor susulan terjadi. 

"Di lokasi longsor, pergerakan tanah terlihat masih terjadi meskipun kecil, beberapa bronjong yang semua masih berada di atas perkampungan mulai miring. Meskipun pekerja terlihat mulai mengerjakan tahap perbaikan penanganan," jelasnya. 

Sementara itu, sesuai petunjuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat jalur Puncak Pass masih aman untuk dilalui. 

Baca: Longsor di Puncak Pass Diprediksi Terjadi Lagi




(LDS)