Iriawan Dipilih karena Sangat Mengenal Jabar

M Sholahadhin Azhar    •    Senin, 18 Jun 2018 14:34 WIB
pilkada serentakpilgub
Iriawan Dipilih karena Sangat Mengenal Jabar
Dirjen Otonomi Daerah Sumarsono/Medcom.id/Adin

Bandung: Sestama Lemhanas Komjen Mochamad Iriawan resmi menjadi penjabat (Pj) gubernur Jawa Barat. Dirjen Otonomi Daerah Sumarsono menyebut Iriawan dipercaya karena 'tahu medan'.

Menurut Sumarsono, Tjahjo telah menghadap Gubernur Lemhanas Agus Widjojo. Ia meminta Iriawan diajukan sebagai Pj gubernur Jabar. Agus mengabulkan permintaan itu karena tak semua Pj berasal dari Kemendagri.

"Makanya Kak Mendagri bersama Pak Gubernur Lemhanas kemudian diizinkan. (Iriawan) di samping menguasai Jabar, karena pernah menjadi Kapolda, asli orang sini dan orang Jabar tahu sekali. Jadi secara kompetensinya tidak diragukan," kata Sumarsono di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Senin, 18 Juni 2018.

Baca: Kemendagri: Pelantikan Iriawan Sesuai UU

Sebenarnya, ada tiga nama yang diusulkan kepada Presiden Joko Widodo. Dua sisanya merupakan pajabat Kemendagri.

Berdasarkan ketentuan, PJ bisa berasal dari instansi pusat berkompetensi. Namun, penilaian Kemendagri tetap menjadi poin penting.

Sumarsono juga membantah adanya pengaturan khusus sehingga Iriawan berpindah dari Asops Kapolri ke Lemhanas. Kemendagri barur mengetahui mutasi itu setelah Iriawan bertugas di Lemhanas.

Ia juga memastikan Iriawan netral. Jabatan Sestama yang diemban, otomatis menjadikan Iriawan ASN yang dituntut netral.

"Saya kira netralitas Pak Iriawan tak usah diragukan, dia orang yang profesional. Waktu saya di DKI dia Kapolda saya (Kapolda Metro Jaya). Jadi saya tahu persis netralitas Iriawan," klaim Sumarsono.


(OJE)