Open House, Warga Antre di Rumah Kontrakan Ridwan Kamil

Roni Kurniawan    •    Jumat, 15 Jun 2018 14:40 WIB
Idulfitri 1439 H
<i>Open House</i>, Warga Antre di Rumah Kontrakan Ridwan Kamil
Open house yang digelar Ridwan Kamil. (Foto: Roni K)

Bandung: Ratusan warga dari berbagai daerah memadati rumah kontrakan calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) di Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Jumat 15 Juni 2018. Warga berbondong-bondong untuk bersilaturahmi dengan wali kota Bandung non-aktif tersebut pada hari pertama Idulfitri 1439 Hijriyah.

Pantauan Medcom.id, sekitar pukul 08.00 WIB warga mulai berdatangan ketika gerbang rumah kontrakan Emil dibuka. Emil yang baru tiba usai silaturahmi ke orangtuanya, langsung menyambut warga di halaman depan rumah bercat putih itu.

Emil beserta istri berdiri dan menyalami warga satu per satu. Mereka datang dari berbagai daerah hanya untuk bersalaman dengan cagub Jabar nomor urut 1 tersebut.

"Tadi datang jam delapan lebih, saya sama keluarga dari Baleendah (Kabupaten Bandung). Kapan lagi bisa ketemu dan salaman langsung sama kang Emil," ujar Dayat, 48, yang membawa istri serta dua anaknya menghadiri acara open house tersebut.

Hal senada pun diungkapkan Winda, 25, wanita berhijab ini mengajak orangtuanya untuk datang ke acara open house Emil. Winda mengaku, open house biasa dilakukan Emil saat menjabat sebagai wali kota di Pendopo Kota Bandung. 

"Biasanya mah kan di Pendopo, tapi sekarang ke sini karena kan kang Emil nya di sini. Sama bapak sama ibu ke sini, ingin foto-foto juga," cetus Winda.

Berdasarkan buku hadir yang diisi warga, lebih dari 500 orang menghadiri acara open house yang diadakan oleh Emil. Usai bersalaman, foto bersama dan swafoto dengan Emil dan sang istri Atalia Praratya menjadi menu wajib warga yang datang.

Emil mengaku, ini pengalaman pertama menyambut warga di rumah kontrakan saat Idulfitri. Pasalnya selama empat tahun, Emil dan sang istri menyambut warga di Pendopo Kota Bandung ketika masih aktif sebagai wali kota.

"Ya tempat mah adalah sementara tapi silaturahmi selamanya. Biasanya di Pendopo selama empat tahun, tapi karena jatuh takdirnya sedang cuti, maka kita melakukan open house di rumah kontakan di Jalan Cipaganti," ujar Emil.

Emil mengatakan, tidak ada perbedaan dengan open house yang biasa dilakukan di Pendopo. Namun, karena rumah yang disewa tak besar maka open house hanya berlangsung selama dua jam. 

"Kehangatannya sama saja tidak ada bedanya. Suasananya juga lebih intim karena rumahnya tidak sebesar Pendopo," pungkasnya.


(LDS)