Ujian Nasional 2018 Tanpa Soal Esai

Rizky Dewantara    •    Kamis, 05 Apr 2018 14:15 WIB
ujian nasional
Ujian Nasional 2018 Tanpa Soal Esai
ilustrasi-medcom.id

Depok: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjawab polemik terkait bentuk soal pada Ujian Nasional (UN) 2018 untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah pertama (SMP). Ia memastikan tidak ada soal esai. 

"UN 2018 di semua jenjang pendidikan tidak ada soal esai, yang ada hanya isian singkat khusus mata pelajaran Matematika. Isian singkat itu berbeda dengan esai," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno, saat ditemui di SMK Taruna Bhakti, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis, 5 April 2018.

Ia menegaskan, yang dimaksud isian singkat pada mata pelajaran matematika di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), adalah isinya hanya angka untuk mengisi jawaban.

"Ini harus dipahami, perbedaan antara soal esai dan isian singkat. Esai itu bercerita dengan jawaban panjang lebar," tegas Totok. 

Lebih lanjut, hari ini UNBK sudah dilaksanakan untuk satuan pendidikan SMK. Jadwal pelaksanaan UN SMK digelar pada 2-5 April 2018.

Sementara UN untuk jenjang SMA dan madrasah aliyah (MA) dilaksanakan pada 9-12 April 2018. Sedangkan untuk peserta didik SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), penyelenggaraan UN dilaksanakan pada 23-26 April 2018.


(LDS)