5.031 Keping KTP-el di Cimahi Dimusnahkan

Depi Gunawan    •    Selasa, 18 Dec 2018 18:54 WIB
e-ktp
5.031 Keping KTP-el di Cimahi Dimusnahkan
ilustrasi Medcom.id

Cimahi: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi memusnahkan sebanyak 5.031 keping blangko KTP elektronik (KTP-el) yang dinyatakan rusak dan invalid. Pemusnahan ribuan blangko KTP-el itu dilakukan dengan cara dibakar di dalam tong pada Senin 17 Desember 2018. 

Sekretaris Disdukcapil Kota Cimahi, Yosephina, pemusnahan ribuan KTP-el ini menyusul banyak ditemukannya kasus penyalahgunaan KTP-el  yang invalid di berbagai daerah, dalam beberapa hari terakhir ini.

"Sesuai edaran Menteri Dalam Negeri nomor 470/13 Desember 2018, bahwa seluruh blangko KTP-el yang invalid harus dimusnahkan dengan cara dibakar. Jadi kami melakukan pemusnahan sesuai dengan instruksi menteri," ungkapnya.

Menurut Yosephina, ribuan KTP-el yang dimusnahkan berasal dari tiga Kecamatan yakni Cimahi Selatan, Cimahi Tengah dan Cimahi Utara serta yang tersimpan di kantor Disdukcapil.

Dia mengungkapkan, yang dimaksud dengan KTP-el invalid adalah selain rusak, juga KTP-el yang sudah tercetak akan tetapi orang yang berhak memilikinya telah meninggal dunia.

"Kemudian tidak diambil oleh orang yang bersangkutan, atau orang yang pindah domisili sehingga KTP-el miliknya dinyatakan tidak berlaku lagi," bebernya. 


(ALB)