KRL Kepulkan Asap di Stasiun Depok Lama

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 05 Dec 2018 21:16 WIB
penumpang krl
KRL Kepulkan Asap di Stasiun Depok Lama
Situasi usai kereta komuter mengepulkan asap dievakuasi ke Depo Depok. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Depok: Asap mengepul dari mesin Kereta Commuter Line Jabodetabek jurusan Jakarta-Bogor ketika berhenti di Stasiun Depok Lama. Penumpang yang berada di dalam kereta sontak berlarian keluar.

Salah satu security yang berjaga di Stasiun Depok Lama mengungkap insiden tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Video rekaman menunjukkan penumpang berlarian keluar sempat tersebar di media sosial Instagram.
al Instagram.

"Tadi penumpang yang berada di dalam banyak yang keluar, ketakutan karena berasap di dalam maupun di luar komuter," ucap petugas yang namnya enggan disebut tersebut kepada Medcom.id, Rabu, 5 Desember 2018.

Wakil Kepala Stasiun Depok Lama Basuki menyebut, kompresor di bawah KRL bernomor 1168 itu diduga bermasalah.

"Di kereta itu ada delapan gerbong, nah kompresornya yang satu bermasalah sampai mengeluarkan asap," ucap Basuki saat ditemui di Stasiun Depok, Rabu, 5 Desember 2018.

Asap tersebut dipastikan tidak berasal dari dalam kereta. Namun, asap naik ke gerbong saat pintu kereta terbuka.

Jalur kereta tersebut juga sempat tidak bisa digunakan. Pasalnya, kereta tertahan dan harus dievakuasi menggunakan kereta luar biasa (KLB) dari Depo Depok untuk diperbaiki.

"Tadi jalur 4 memang sempat enggak bisa dilewati, jadi yang bisa dilewati cuman jalur 1, 2, dan 3. Tapi sekarang jalur 4 sudah bisa dilewati," tandasnya.

PT Kereta Commuter Indonesia memohon maaf atas gangguan teknis yang terjadi pada KRL tujuan Bogor tersebut. Manager Komunikasi Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa menyebut, kereta cadangan diberangkatkan sebagai rangkaian pengganti untuk penumpang terdampak.

"Kejadian ini tidak mengganggu perjalanan KRL yg melintas di Depok untuk arah Bogor maupun sebaliknya mengingat Stasiun Depok memiliki empat jalur," pungkasnya.


 


(SUR)