Mahasiswi di Tangerang Ditipu Kekasih Rp75 Juta

Hendrik Simorangkir    •    Selasa, 08 Jan 2019 14:05 WIB
kasus pemerasan
Mahasiswi di Tangerang Ditipu Kekasih Rp75 Juta
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Tangerang: Mahasiswi asal Kota Tangerang berinisial BP, 24, menjadi korban pemerasan kekasihnnya sendiri. Korban dan kekasihnya bernama Rival Jasita saling kenal melalui media sosial.

"Awal mula berkenalan di medsos, terus korban diajak pelaku berbisnis dengan imbal hasil keuntungan 30 persen perbulan. Tak lama kemudian keduanya berpacaran," kata Kapolsek Tangerang Kompol Ewo Samoni saat dikonfirmasi, Selasa, 8 Januari 2019.

Ewo menjelaskan, pelaku mengetahui jika kekasihnya tulus menjalin hubungan. Dalam modusnya, pelaku mengambil kesempatan saat video call dengan korban.

Dalam kesempatan tersebut, pelaku meminta kekasihnya untuk memperlihatkan bagian tubuh tertentu. Kemudian korban menuruti dan adegan tersebut discreenshot oleh pelaku.

Dari screenshoot itu, kemudian pelaku mengancam korban akan menyebarkannya. Kecuali jika korban mau mentransfer sejumlah uang.

"Permintaan pertama Rp35 juta, karena takut disebar, korban menuruti. Namun berselang pelaku kembali meneror dengan ancaman yang sama. Sampai total uang korban Rp75 juta," jelas Ewo.

Ewo menjelaskan, karena korban tak lagi memiliki uang, akhirnya melapor ke Polsek Tangerang.

"Atas laporan tersebut, tim kami bergerak untuk menangkap pelaku Rival Jasita, dengan cara memancing pelaku untuk mengambil sendiri uang korban di suatu tempat," beber Ewo.

Kemudian pelaku bisa ditangkap di kontrakannya di Jalan Soleh Ali, Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Banten, Senin, 7 Januari 2019 pukul 20.30 WIB.

Dari pelaku, polisi menyita dua unit handphone milik pelaku, bukti gambar hasil screenshoot dan bukti transfer uang kepada pelaku. 

Atas perbuatannya, pelaku diancam hukuman pidana penjara maksimal 9 tahun sesuai pasal penipuan 378 dan pasal pemerasan 368 KUHPidana.


(DEN)