Kodam Siliwangi akan Keruk DAS Citarum

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 04 Dec 2017 11:01 WIB
lingkungan hidup
Kodam Siliwangi akan Keruk DAS Citarum
Setu Cisanti merupakan hulu sungai Citarum yang akan direhabilitasi ekosistemnya dengan penanaman ribuan pohon tarum, MTVN - Octavianus

Bandung: Kodam III/Siliwangi akan membersihkan dan mengeruk sampah di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Janji itu disampaikan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Dono Munardo saat mengunjungi Curug Cisanti, Kabupaten Bandung, Jabar, Minggu, 3 Desember 2017.

Menurut Pangdam, pembersihan itu bertujuan menormalisasi lingkungan di sekitar Citarum. Sehingga warga pun tak khawatir dengan terjangan banjir.

"Di seluruh wilayah yang paling menonjol adalah sampah, limbah ternak, ladang, kebun dan berbagai pengrusakan lainnya di Sungai Citarum. Kemudian intensif pengawasan dan pengendalian, termasuk akan dibuat Perpres untuk payung hukum yang diupayakan awal Januari 2018 bisa dimulai," kata Pangdam.

Selain itu, Kodam juga menanam ribuan pohon tarun di sekitar sungai. Termasuk, Setu Cisanti yang menjadi hulu sungai. Rencananya, lanjut Pangdam, sebanyak 40 ribu batang pohon tarum ditanam.

Selanjutnya, Doni menegaskan pengelolaan pelestarian Sungai Citarum sesungguhnya telah dilakukan oleh beberapa stakeholder pemerintahan, namun perlu struktur koordinasi dalam satu komando.

"Kami menargetkan 6 bulan Sungai Citarum bebas sampah," lanjut Pangdam.


(RRN)