BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan di Jabar November Hingga Maret

Roni Kurniawan    •    Selasa, 21 Nov 2017 15:26 WIB
musim hujan
BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan di Jabar November Hingga Maret
Acara `Bandung Menjawab` di Taman Sejarah Bandung -- MTVN/Roni Kurniawan

Bandung: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Bandung memprediksi musim hujan di wilayah Jawa Barat terjadi hingga tujuh bulan ke depan. Puncak musim hujan terjadi pada November 2017 hingga Maret 2018.

Kepala BMKG Kelas 1 Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan pola hujan di kawasan Jabar saat ini selalu berubah-ubah. Kondisi tersebut diakibatkan terjadinya perubahan iklim.

"Saat ini hujan sering mengalami anomali (berubah-ubah). Seperti pada 10 November lalu, intensitas hujan lebat tapi sangat singkat selama tiga hari. Kondisi ini berbeda dengan 30 tahun lalu," kata Tony saat acara `Bandung Menjawab` di Taman Sejarah Bandung, Selasa, 21 November 2017.

Perubahan iklim serta pola hujan yang berubah, lanjut Tony, tidak hanya terjadi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Kondisi tersebut juga terjadi di seluruh dunia, terutama di negara sub-tropis.

Sementara, di negara tropis seperti Indonesia, dampak dari perubahan iklim adalah terjadinya anomali curah hujan. "Di Indonesia, tak terkecuali Bandung, akan terjadi curah hujan yang berubah-ubah. Bahkan, bisa meningkat empat kali lipat. Puncaknya akan terjadi pada November ini sampai Maret 2018," beber Tony.

BMKG pun tak pernah berhenti memberikan informasi kondisi cuaca terbaru. Salah satunya melalui aplikasi android yang bisa diunduk masyarakat, yaitu info BMKG.

"Di situ, kita update terus agar masyarakat mengetahui dan waspada," pungkasnya.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Ferdi Ligaswara menambahkan, potensi bencana di Kota Bandung yang biasa terjadi yakni pohon tumbang akibat hujan dan angin serta banjir. "Itu karena hujan lebat disertai angin kencang. Kita juga mewaspadai banjir yang diakibatkan sedimentasi karena tumpukan sampah plastik," tutup Ferdi.


(NIN)