10.000 Ekor Ayam `Matang` di Kandang

Kristiadi    •    Senin, 02 Oct 2017 16:00 WIB
kebakaran
10.000 Ekor Ayam `Matang` di Kandang
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Garut: Sebanyak 10.000 ekor ayam boiler berada di dalam kandang, di Kampung Lios, RT 01 RW 07, Desa Cintanagara, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Jawa Barat, hangus terbakar, Senin 2 Oktober 2017, sekira pukul 05.40 WIB. Api diduga berasal dari pembakaran batu bara yang dilakukan oleh pengelola ayam. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Garut, Dadi Djakaria, mengatakan, kandang ayam milik Wawan, 40, itu gosong terbakar setelah api membakar seluruh kandang yang terbuat dari kayu.

"Kandang berisikan ayam siap panen dengan jumlah 10.000 ekor. Sementara api baru diketahui oleh pengelola ayam pada pukul 05.40 WIB, karena kondisi tersebut memang sulit dipadamkan karena mereka memadamkan dengan alat seadanya," katanya, Senin 2 Oktober 2017.

Kebakaran kandang ayam yang terjadi pagi hari tersebut mengundang banyak perhatian dari masyarakat dan mereka berjibaku untuk memadamkan api dengan alat seadanya, mulai dari ember dan lainnya. Sementara api baru dipadamkan pada pukul 06.40 WIB setelah mendapatkan bantuan dari 4 unit kendaraan dari Kota Tasikmalaya, Bandung dan Garut.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa nahas itu. Tapi, kerugian pemilik ayam ditaksir mencapai senilai Rp1 miliar.

"Karena dalam beberapa minggu ini 10.000 ekor ayam akan dipanen tetapi melihat kejadian tersebut pemilik ayam gagal untuk dijual karena kandang untuk penyimanan ayam termasuk semua peralatan berada di dalam lokasi hangus tanpa menyisakan dan yang ada tercium bakaran ayam yang telah mati," ujarnya.


(ALB)