Tangani Limbah Sungai Citarum, Ridwan Kamil Usulkan Bangun Pipa Raksasa

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 16 Dec 2017 15:03 WIB
lingkungan
Tangani Limbah Sungai Citarum, Ridwan Kamil Usulkan Bangun Pipa Raksasa
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat memaparkan gagasan untuk mengurangi limbah di Sungai Citarum dalam acara Rapat Koordinasi Penataan Sungai Citarum di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Sabtu 16 Desember 2017.

Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengusulkan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum untuk membangun pipa besar sebagai saluran limbah atau kotoran rumah tangga. Hal itu agar pencemaran di Sungai Citarum bisa dikurangi sehingga tak kembali berdampak atau meluap hingga menyebabkan banjir.

Menurut pria yang akrab disapa Emil itu, pembuatan pipa besar di tepi sungai terutama yang berada kawasan industri bisa mengurangi limbah yang selama ini mencemari aliran Sungai Citarum. Pasalnya sumbangsih limbah industri dan rumah tangga cukup besar bedampak pada sungai terpanjang di Jabar itu.

"Kita merekomendasikan pipa raksasa di sepanjang sungai untuk menampung kotoran dari rumah penduduk. Terutama di Kota Bandung, kami siap tiap satu kilometer untuk mengambil kotoran itu," kata Emil usai menghadiri acara Rapat Koordinasi Penataan Sungai Citarum di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Sabtu 16 Desember 2017.

Emil mengaku pernah menyodorkan gagasan tersebut, namun pihak BBWS Citarum menolak hingga kini. Padahal Emil menyakini dengan metode tersebut bisa mengurangi limbah di Sungai Citarum. 

"Dulu ditolak oleh BBWS. Kita tidak bisa bergerak karena area sungai tidak berada (kewenangan) di Pemkot Bandung," sambungnya.

Akan tetapi Emil berharap dengan dipaparkannya pada rapat tersebut, gagasan pembuatan pipa raksasa bisa kembali diusulkan mulai dari tingkat Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Mudah-mudahan melalui forum ini, gagasan kami bisa diteruskan agar sungai bisa bersih. Mininal kotoran rumah tangga tidak langsung masuk ke sungai," pungkas Emil.


(ALB)