Puncak Musim Hujan di Jabar November

   •    Senin, 10 Oct 2016 10:41 WIB
prakiraan cuaca
Puncak Musim Hujan di Jabar November
lustrasi. (foto: ANTARA)

Metrotvnews.com, Bandung: Staf Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Yuni Yulianti, memprediksi puncak musim hujan 2016 di wilayah Jawa Barat akan terjadi pada November.

"Oktober ini hampir seluruh wilayah di Jawa Barat sudah memasuki musim hujan dan puncaknya kami prediksi akan terjadi di November nanti. Sehingga akan terjadi peningkatan intensistas curah hujan sampai beberapa bulan ke depan," kata Yuni Yulianti, di Bandung, melansir Antara, Senin (10/10/2016).

Ia menuturkan curah hujan bulanan yang terjadi selama bulan Oktober hingga November 2016 diperkirakan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni mencapai 200 hingga 400 mm per bulannya.

"Secara keseluruhan 200-400 mm, tapi sebagian wilayah Pantura Jabar seperti Indramayu, Subang, itu curah hujannya mencapai 151-300 mm per bulan," kata dia.

Menurut dia, intensitas hujan di wilayah Bandung Raya saat ini juga sudah mengalami peningkatan seperti di Bandung Utara mencapai 53,1 mm per hari, Bandung Selatan mencapai 60 mm per hari dan Bandung Timur mencapai 41 mm per hari.

"Sebelumnya intensitas hujan di wilayah Bandung Raya itu hanya 10-1 mm per harinya," ujarnya.

Selama musim hujan ini, lanjut Yuni, BMKG Bandung mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya angin kencang selama musim hujan. 

"Di Jabar termasuk wilayah yang di-warning. Warning terhadap curah hujan yang tinggi dan potensi ada angin kencang. Ini terjadi karena adanya tekanan rendah di samudera hindia, ada sirkulasi angin tetutup di sekitar
laut jawa, kelembaban udara juga masih tinggi," kata dia.



(MEL)