Sebelum Terbalik, Pesawat Cessna 172 Sempat Mendarat Baik

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 30 Aug 2016 13:53 WIB
pesawat jatuh
Sebelum Terbalik, Pesawat Cessna 172 Sempat Mendarat Baik
Pesawat latih Cessna 172 jatuh terbalik di pesawahan Cirebon, Jawa Barat, Selasa (30/8/2016). (Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Pesawat latih milik PT Angkasa Aviation Academy School jenis Cessna 172 sempat mendarat dengan baik sebelum terbalik di pesawahan di Desa Banjarwangun, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa pagi 30 Agustus. Udin, 50, warga setempat, mengatakan, setelah mendarat pesawat terjerembab lalu terbalik.

Udin mengatakan, pesawat tiba-tiba terbang rendah menuju gubuk yang ia gunakan untuk berteduh. Saat hendak menyentuh tanah, pesawat masih dalam kondisi normal dan terlihat akan sukses mendarat.

"Pas mulai rendah masih normal. Enggak terbalik," kata Udin saat ditemui Metrotvnews.com di lokasi, Selasa (30/08/2016).
Udin, 50, menyaksikan pesawat latih Cessna 172 sempat mendarat sebelum terbalik (Foto: MTVN/Ahmad Rofahan)
Dia juga menyaksikan, pesawat berisi seorang pilot dan satu siswa penerbangan itu mendarat secara normal sejauh 50 meter. Hal itu dapat dilihat dari bekas roda pesawat di lokasi.

"Terbalik pas ujung pesawat menyentuh tanah," ujar dia.

Pantauan Metrotvnews.com, kerusakan pesawat paling parah terdapat di bagian hidung pesawat. Dua awak pesawat yakni pilot Dana Aviantara dan siswanya Novriandi, 25, mengalami luka ringan.


(TTD)