Matikan CCTV, Pencuri Gasak Uang Ratusan Juta di ATM BCA & BRI

Ismail    •    Rabu, 05 Oct 2016 15:00 WIB
pencurian
Matikan CCTV, Pencuri Gasak Uang Ratusan Juta di ATM BCA & BRI
Polisi menunjukkan mesin ATM BCA yang dibobol maling di Sumedang, Jawa Barat. Foto-foto: Metrotvnews.com/Ismail

Metrotvnews.com, Sumedang: Dua mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik Bank Central Asia (BCA) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berada di dalam minimarket Indomart di Jalan Raya Bandung-Sumedang, Desa Gudang, Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat, dibobol maling.

Kejadian diperkirakan berlangsung Rabu dini hari 5 Oktober 2016 pukul 01.47 WIB. Pembobolan baru diketahui karyawan Indomart pada pukul 05.30 WIB saat akan membuka gerai.

Kapolsek Tanjungsari Kompol Kusdi Wibisono mengatakan pencurian dilakukan profesional lantaran pelaku bisa mematikan dulu CCTV sebelum leluasa mencuri uang di dalam ATM.

"Diduga pelaku lebih dari satu orang," ujar Kusdi kepada Metrotvnews.com.


Pencuri diduga masuk melalui atap gerai Indomaret

Modus pencurian, pelaku masuk ke toko Indomart lewat atap kemudian turun tepat di atas ATM. Mereka diduga keluar melalui jalur yang sama.

"Alarm Indomart yang terhubung dengan supervisor toko sempat berbunyi, namun sepertinya tak digubris dan menganggap bunyi alarm itu karena tersenggol tikus," kata Kusdi.

Pencuri mencuri uang nominal Rp50 ribu dengan total Rp115 juta dari ATM BCA dan Rp72,1 juta dengan nominal yang sama di ATM BRI.

"Total mereka mencuri Rp187,1 juta. Mereka juga mencuri uang Indomaret sekitar Rp10 juta," kata dia.

Bersama tim Buser dan Inafis Polres Sumedang, anggota Polsek Tanjungsari saat ini tengah memburu para pencuri.


(UWA)