Samsat Cirebon Buka Outlet di Mal untuk Mempermudah Pembayaran

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 14 Sep 2017 16:08 WIB
pajak kendaraan
Samsat Cirebon Buka Outlet di Mal untuk Mempermudah Pembayaran
Warga melintas di Kantor Samsat Kota CIrebon, Jawa Barat -- MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Guna mempermudah masyarakat membayar pajak kendaraan, Kantor Samsat Kota Cirebon membuka outlet pembayaran di salah satu mal terbesar di Kota Udang itu. Inovasi ini dianggap cukup membantu mendongkrak pemasukan pajak kendaraan.

"Biar masyarakat bisa membayar pajak kendaraan, sekalian belanja," kata Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah wilayah Kota Cirebon Roni, Kamis 14 September 2017.

Menurut Roni, pihaknya juga membuat Samsat keliling di tempat berbeda setiap harinya. Selain itu, warga juga bisa membayar pajak kendaraan melalui ATM.

"Namun, yang lewat ATM masih sedikit. Kebanyakan langsung ke outlet resmi," kata Roni.

Saat ini, masyarakat memang lebih banyak membayar pajak kendaraannya melalui kantor Samsat. Setiap harinya, Kantor Samsat di Jalan Pemuda itu, bisa menerima 400-500 wajib pajak. Sedangkan, Samsat keliling setiap harinya ada sekitar 80-150 wajib pajak yang membayarkan pajak kendaraannya.

"Kalau yang di mal, setiap hari sekitar 200 wajib pajak yang membayar melalui outlet tersebut," kata Roni.

Roni menyebutkan, ada 20% wajib pajak yang meanfaatkan Samsat keliling di mal adalah warga dari luar Cirebon. Inilah kelebihan adanya sistem Samsat online yang sudah diberlakukan di Jawa Barat.

"Ada yang bayar dari Kuningan, Majalengka, dan wilayah lainnya," ujar Roni.

Faqih, salah satu warga, mengaku terbantu dengan banyaknya pilihan pembayaran pajak kendaraan. "Sekarang bayar pajak kendaraan antrenya juga tidak lama, karena banyak pilihan," kata dia.


(NIN)